Basarnas Terima 36 Kantong Bagian Tubuh Korban Sriwijaya Air SJ182

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 17:52 WIB
Tim SAR gabungan menyerahkan 36 kantong isi bagian tubuh dan 1 kantong berisi serpihan pesawat.
Tim SAR gabungan menyerahkan 36 kantong isi bagian tubuh dan 1 kantong berisi serpihan pesawat. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Tim SAR gabungan kembali menemukan bagian tubuh atau body part korban Sriwijaya Air SJ182 dan serpihan pesawat. Bagian tubuh yang ditemukan dimasukkan ke 36 kantong, yang kemudian diserahkan ke Basarnas.

"Saya kapten kapal KN Sar Karna, dengan ini menyampaikan kami telah menerima 36 kantong berisi body part dan 1 kantong berisi serpihan, dan selanjutnya akan kami serahkan ke esensi," ujar Kapten Kapal KN Sar Karna, Diartama Sinaga, di JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/1/2021).

Pantauan detikcom di JICT II, KN Sar Karna merapat pukul 16.35 WIB. Direktur Operasional Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman MS juga terus memberikan apresiasi kepada tim pencarian.

"Hasil tersebut merupakan temuan hasil penyelaman yang dilakukan oleh penyelam Basarnas berserta potensi lainnya. Selanjutnya tentu kita akan memberikan apresiasi kepada tim yang ada di lapangan atas jerih payahnya," ujar Rasman.

Setelah menerima 37 kantong, Basarnas kemudian menyerahkan kepada DVI Polri dan KNKT. Nantinya, DVI Polri akan melakukan pendalaman terhadap bagian tubuh yang ditemukan, sedangkan KNKT memeriksa serpihan pesawat.

Sebelumnya diberitakan, proses evakuasi penumpang dan pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada hari keenam ini akan memperluas area pencarian lewat udara. Perluasan area pencarian lewat udara dimaksudkan agar bisa menjangkau bagian tubuh korban yang terbawa arus.

"Kita tetap melalui udara untuk deteksi atau pencarian. Karena ini sudah memasuki hari keenam, tentunya apabila ada bagian-bagian atau korban yang mungkin terbawa arus, tentu mungkin sudah cukup jauh. Oleh karena itu, lewat udara mungkin akan diperluas," ujar Rasman.

(zak/zak)