Tolak Divaksinasi, Ribka Tjiptaning Tegaskan Tak Provokasi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 21:26 WIB
Ribka Tjiptaning (Foto: Rahel/detikcom)
Ribka Tjiptaning (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning secara terbuka menyatakan enggan divaksinasi COVID-19. Namun, Ribka Tjiptaning menegaskan tidak bermaksud melakukan provokasi.

"Nah jadi saya kan juga ya sudahlah nggak ngajakin orang sih. Nggak provokasi orang, tapi aku paling tidak keluargaku. Karena aku ngomong di rapat. Jadi dianggep aku provokasilah ngajak orang begini. Itu kesalahan saya di situ," ujar Ribka Tjiptaning di gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Ribka Tjiptaning menjelaskan tidak bermaksud mempengaruhi orang lain untuk tidak divaksinasi. Dia pun menegaskan bahwa pernyataannya yang enggan divaksinasi bukan atas nama partainya, PDIP.

"Nggak (suara partai), itu aku cukup aku sendiri dengan keluargaku," ucapnya.

Ribka Tjiptaning juga menilai dirinya berhak memiliki pendapat yang berbeda terkait vaksinasi COVID-19. Terlebih, menurutnya, World Health Organization (WHO) juga sudah mengeluarkan aturan bahwa pemaksaan terhadap vaksinasi sebagai pelanggaran HAM.

"Karena nanti kalau saya sudah menganggap itu saya yakin, baru. Boleh dong. Itu kan sekarang kan WHO juga sudah ngeluarain kalau pemaksaan itu melanggar HAM. WHO sekarang sudah ngeluarin itu, melanggar HAM itu pemaksaan," kata Ribka.

Lebih lanjut, Ribka Tjiptaning bercerita dirinya sempat disebut sebagai teman 'kadrun' akibat pernyataannya yang menolak vaksinasi Corona. Ia pribadi akan melakukan vaksinasi jika vaksin COVID-19 memang sudah bisa benar-benar dipastikan aman.

"Cuma kalau kita ngomongnya di rapat terus di-blow up terus dibilang aku jadi temenan 'kadrun'-lah, apa, karena menolak ini. Wah macem-macemlah, yang dulu musuh 'kadrun' jadi temen 'kadrun'. Itu kan orang yang mengambil persepsinya macem-macem. Tapi untuk saya sih, kalau memang udah aman, menurutku sebagai dokter," tuturnya.

Untuk diketahui, nama anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning, tengah menjadi sorotan usai pernyataannya yang menolak divaksinasi COVID-19. Ribka menyampaikan itu dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI kemarin.

"Saya tetap tidak mau divaksin (Corona) maupun sampai yang 63 tahun bisa divaksin. Saya udah 63 nih, mau semua usia boleh, tetap, di sana pun hidup di DKI semua anak-cucu saya dapat sanksi Rp 5 juta, mending gue bayar, mau jual mobil, kek," kata Ribka dalam rapat kerja (raker) Komisi IX bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/1).

"Bagaimana, orang Bio Farma juga masih bilang belum uji klinis ketiga dan lain-lain," imbuhnya.

(hel/mae)