PMII: Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Tak Banyak Bicara, tapi Kerja Nyata

Andi Saputra, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 20:18 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengumpulkan Direktur Reserse Kriminal Umum hingga Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menilai pemilihan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri sudah tepat.

"Komjen Listyo Sigit adalah figur yang humble dan low profile. Tidak banyak bicara, tapi banyak melakukan kerja nyata dalam penanganan kasus-kasus besar," kata Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang dalam keterangan tertulis, Rabu (13/1/2021).

Agus mengatakan selama ini Listyo Sigit Prabowo dekat dengan tokoh-tokoh masyarakat. Menurutnya, hal itu penting dimiliki oleh pimpinan Polri.

"Beliau juga dekat dengan tokoh-tokoh masyarakat. Jiwa seperti ini penting dimiliki oleh pimpinan Polri," tambahnya.

Di sisi lain, Agus tidak menampik bahwa akan ada banyak hal yang harus dibenahi Listyo Sigit Prabowo jika terpilih nanti. Salah satunya menyelesaikan kasus-kasus yang belum tuntas dan membangun sinergi dengan institusi penegak hukum yang lain.

Agus juga berharap, di bawah kepemimpinan Komjen Listyo Sigit Prabowo, Polri terus melakukan pembenahan. Menindak setiap jenis kejahatan dan menjadi institusi yang semakin dicintai rakyat.

"Yang paling penting juga adalah membantu mewujudkan visi Presiden," kata Agus.

Agus pun menyarankan agar DPR segera menindaklanjuti usulan nama calon Kapolri usulan Jokowi tersebut. Dia meminta agar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test segera dilakukan secara terbuka.

"Segera melakukan fit and proper test secara terbuka untuk mengupas dan mengetahui visi besar calon Kapolri baru agar publik dapat mengetahuinya," ungkapnya.

(mae/idn)