Pengasuh Ponpes Nurul Qadim soal Komjen Listyo Sigit: Dekat dengan Ulama

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 19:31 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo calon tunggal Kapolri Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Pengasuh Ponpes Nurul Qadim, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, KH Abdul Hadi Noer menyambut baik Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Kapolri. Menurutnya Listyo Sigit sosok yang amanah juga dekat dengan ulama.

"Bapak Presiden sedang menjalankan hak konstitusionalnya menunjuk Kapolri. Terkait Pak Sigit, saya meyakini Presiden mempertimbangkan Kapolri yang dapat membantu untuk mewujudkan visi presiden," kata Kiai Abdul Hadi Noer kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

"Kapasitas, rekam jejak Pak sigit saya kira mampu untuk mewujudkan itu. Apalagi Pak Sigit juga dekat dengan kalangan ulama," sambungnya.

Menurut Kiai Abdul Hadi Noer, Listyo Sigit punya rekam jejak yang jelas. Sigit juga tidak pernah tersangkut masalah hukum atau terkait dengan partai politik. Dengan begitu, mantan Kapolda Banten tersebut nantinya bisa bekerja sebagai Kapolri dengan profesional.

"Kita doakan lah Pak Sigit ini mampu mewujudkan keadilan hukum, mewujudkan kerukunan antar umat, sehingga pembangunan di Indonesia ini lebih cepat lagi sehingga tercipta kemakmuran," ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(hri/fjp)