ICMI Bicara Sosok Calon Kapolri Tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 17:42 WIB
Jimly Asshiddiqie (Eva Safitri/detikcom)
Foto: Jimly Asshiddiqie (Eva Safitri/detikcom)

Langkah selanjutnya kata Jimly, adalah DPR akan melakukan penilaian. Warga masyarakat menurut Jimly bisa memberikan masukan kepada DPR dalam proses penilaian nanti.

"Baru selanjutnya kita serahkan ke DPR. Warga masyarakat sangat terbuka untuk memberi masukan melalui pelbagai cara dan saluran langsung atau melalui parpol yang duduk mewakili aspirasi dan kepentingan rakyat. Parpol dan DPR wajib memfungsikan diri dengan efektif untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya masing-masing sampai akhir keputusan dibuat resmi dengan aklamasi atau dengan voting. Kita tonton saja bagaimana parpol-parpol bekerja. Kalau ada warga yang tidak puas, catat saja untuk tidak dipilih lagi nanti di pemilu 2024," ucapnya.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1/2021). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

Halaman

(lir/fjp)