PD Tunggu Gagasan Besar Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit di Komisi III

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 16:26 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengumpulkan Direktur Reserse Kriminal Umum hingga Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) menyambut baik ditunjuknya Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri tunggal. Partai Demokrat menunggu gagasan besar Komjen Listyo saat uji kepatutan pekan depan.

"Posisi Fraksi Partai Demokrat di Komisi III menyambut baik nama beliau untuk kita dengarkan pikiran dan gagasannya ke depan. Saya menggunakan kata ini untuk menyambut beliau di Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat. Datanglah dan bawalah gagasan besar untuk perubahan di Mabes Polri," kata Ketua Dewan Kehormatan PD Hinca Panjaitan di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2020).

"Kami tunggu di Komisi III, bawalah gagasan besar dan tumpahkan seluruh energi perubahan," imbuhnya.

Komjen Listyo Sigit terbilang jenderal bintang tiga muda di Korps Bhayangkara dengan usia 51 tahun. Hinca menilai menjadi tantangan tersendiri nantinya bagi Listyo mengayomi para senior di Polri.

"Karena itu, ini sekaligus menjadi tantangan bagi Pak Sigit untuk tetap meletakkan profesionalisme dan senior-seniornya pada posisi-posisi yang dianggap energi besar untuk melakukan perubahan, itu kalau posisi kita. Kata kuncinya datanglah dengan gagasan besar dan bawa energi perubahan," ujarnya.

Hinca kemudian bicara soal netralitas Polri bila kelak Komjen Listyo Sigit ditetapkan sebagai Kapolri. Hinca mendorong calon Kapolri Listyo dapat menjawab keraguan publik.

"Jadi netralitas, jadi ini soal kita, nggak berubah Demokrat sampai kapan pun, karena menurut UU, aparatur pemerintah terutama, misalnya TNI, apalagi di Polri, kita akan terus menyuarakan netralitas itu. Karena itu amanah konstitusi dan UU," ucap Hinca.

"Yang saya tambahkan tadi lebih energi baru yang lebih spesifik, kalau ini tetap netralitas itu, karena telanjang mata publik itu bisa melihat sendiri, karena itu komitmen-komitmen besar untuk menjawab keraguan publik harus dijawab," imbuhnya.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(rfs/gbr)