Aksi Ribka Tjiptaning: Korona 'Komunitas Rondo Mempesona'-Tolak Vaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:49 WIB
Ribka Tjiptaning
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Nama anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning menjadi pembahasan di antara sesama anggota Dewan. Bagaimana tidak, sehari sebelum vaksinasi virus Corona (COVID-19) dilakukan serentak, Ribka Tjiptaning justru secara terbuka menolak divaksinasi.

Terlebih, Ribka merupakan anggota DPR yang berasal dari Fraksi PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih itu merupakan partai pendukung pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sikap Ribka yang menyatakan menolak vaksin Corona menuai kontroversi. Salah satu partai pendukung pemerintah Jokowi, NasDem, menjadi salah satu pihak yang mengkritik sikap Ribka.

Sebetulnya bukan kali ini saja aksi Ribka mendapat perhatian. Sekitar awal Februari 2020, sebulan sebelum kasus Corona pertama di RI ditemukan, aksi Ribka juga menarik perhatian publik.

Topiknya pun sama, yakni soal Corona. Namun, ketika itu aksi Ribka tidak sampai menuai kritik. Sebab, anggota DPR Dapil Jawa Barat IV itu hanya berkelakar soal kepanjangan 'Korona'.

Berikut dua aksi Ribka Tjiptaning terkait pandemi yang mencuri perhatian:

- Korona 'Komunitas Rondo Mempesona'

Dalam rapat kerja (raker) Komisi IX DPR bersama dengan Menteri Kesehatan (ketika itu masih dijabat Terawan Agus Putranto), Ribka berbicara singkatan 'korona'. Ribka menyebut kepanjangan dari korona, yakni komunitas rondo mempesona.

Rondo merupakan istilah Jawa yang berarti janda. Sambil berkelakar, Ribka menyebut komunitas rondo mempesona itu berbahaya.

"Itu tadi dijabarkan sama ahli paru itu di Metro TV kalau nggak salah saya lihat. Ini lebih bahaya MERS dan SARS dibanding itu daripada si korona, kecuali 'komunitas rondo mempesona'. Bahaya itu penghuni koronanya itu, sebab hati-hati itu ya kan," kata Ribka. Sejumlah peserta rapat sontak tertawa saat Ribka berbicara.

Candaan Ribka tak berhenti sampai di situ. Dia menyebut 'virus korona' ini bahaya bagi para pria yang telah berumah tangga.

"Bapak-bapak kalau kena korona yang itu ngeri kita. Itu korona beneran itu, korona yang membahayakan itu, komunitas rondo mempesona itu," ujarnya.

Raker tersebut digelar di ruang rapat Komisi IX DPR pada 3 Februari 2020. Sedianya rapat tersebut membahas perihal penanganan 238 WNI dari China yang diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau.

Tonton video 'Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP yang Tolak Divaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



Aksi Ribka menolak vaksin Corona Sinovac ada di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2