Tim SAR Gabungan Kembali Temukan 1 Kantong Serpihan Sriwijaya Air SJ182

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:21 WIB
Tim SAR Gabungan Kembali Temukan 1 Kantong Serpihan Sriwijaya Air SJ182
Tim SAR Gabungan Kembali Temukan 1 Kantong Serpihan Sriwijaya Air SJ182. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Tim SAR gabungan kembali berhasil menemukan 1 kantong serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182. Serpihan tersebut ditemukan di sekitar Pulau Lancang.

"Pada hari ini, kita menemukan serpihan dari pada badan pesawat, ditemukan di sekitar Pulau Lancang," kata nakhoda KN Trisula Eko Surya, kepada wartawan, di JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/2/2021).

Hasil 1 kantong serpihan itu akan diserahkan ke KNKT dan Tim DVI. Nantinya, material pesawat tersebut akan diperiksa lebih lanjut.

"Terima kasih teman-teman dari KPLP (Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai). Paket yang kami terima siang ini akan diserahkan kepada tim KNKT dan tim DVI untuk memeriksa material yang diserahkan," ujar Kapusdatin Basarnas Amirullah.

Diberitakan sebelumnya, pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ182 sejak pagi tadi dihentikan sementara karena cuaca ekstrem. Deputi Bina Tenaga dan Potensi SAR Abdul Haris Achadi mengatakan, jika pencarian dilanjutkan, hal itu akan membahayakan nyawa penyelam.

"Untuk sementara ini berhenti dulu, sambil menunggu cuaca ekstrem. Sementara," kata Abdul Haris di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Rabu (13/1).

Gelombang air laut sejak tadi pagi juga terbilang cukup tinggi. Abdul menyebut gelombang mencapai 1,5-2,5 meter.

"Dan baru sampai mulut kolam, kami terpaksa balik kanan karena cuacanya, dapat informasi di lokasi, cuaca ekstrem, tinggi gelombang sampai 2,5 meter. Dan kami tadi keluar 1,5 meter tinggi gelombang," ujarnya.

(knv/knv)