detikcom Do Your Magic

Jl Martadinata Ancol Banjir, Walkot Jakut Minta Dinas SDA Percepat Sodetan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 12:43 WIB
Sejumlah kendaraan menerobos genangan di Jalan Martadinata Ancol, Jakarta. Jalan ini tergenang akibat Kali Ancol meluap.
Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara, saat banjir. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Jalan RE Martadinata, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, masih sering terjadi banjir rob. Pemerintah sedang membuat sodetan untuk mengalirkan air dari Kali Ancol ke Waduk Pluit melalui Ciliwung.

"Dinas SDA kan lagi bikin sodetan. Kita minta percepat sodetannya. Dari Ciliwung lama ke Waduk Pluit sodetan itu," ucap Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko saat dihubungi, Rabu (13/1/2021).

Sigit berharap sodetan bisa menjadi solusi permanen mengatasi banjir rob, sehingga Ancol tidak terjadi banjir rob lagi.

"Karena harus langsung flushing ke Pintu Air Marina kan. Dengan itu, tidak (banjir). Kita sistem polder, kalau laut pasang, tidak bisa ke laut. Dengan sodetan itu, debit air bisa dioptimalkan ke Waduk Pluit," ujarnya.

Lokasi sodetan akan berada di Jalan RE Martadinata. "Di Jalan RE Martadinata, pasnya di Wilayah RW 15, Kelurahan Ancol," katanya.

Sebelumnya, ada warga sekitar bernama Sanuri yang bersaksi bahwa Jl RE Martadinata ini sudah sebulan terendam banjir akibat luapan Kali Ancol di pagi hari, dan surut saat sore. Warga meminta pemerintah segera mencari solusi.

Sanuri menyebut beberapa kali terjadi pengecoran dan peninggian pinggir kali. Namun kebijakan itu tidak mengubah keadaan.

"Lagi-lagi cor, lagi-lagi cor, tetap saja namanya air makin tambah tahun makin tinggi gitu airnya," ucapnya kepada detikcom di lokasi, Kamis (7/1).

Kemudian, warga Kebon Sayur, Apon Taspun (49), bercerita banjir bisa sampai ke permukiman. Sebenarnya banjir ini bukan hanya karena hujan, tapi juga karena air laut pasang. Maklum, laut tak jauh dari sini.

(aik/tor)