Cilegon Zona Merah, Kematian Akibat COVID Capai 3 Orang per Hari

M Iqbal - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 12:05 WIB
Plt Kadinkes Cilegon, Dana Sujaksani
Plt Kadinkes Cilegon, Dana Sujaksani. (Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Kenaikan angka kasus positif maupun kematian akibat COVID-19 membuat Cilegon, Banten, masuk zona merah untuk ketiga kalinya. Angka kematian akibat Corona mencapai 3 orang per hari.

"Belum lagi masalah kematian itu kan bisa 2-3 orang per hari, belum lagi yang tanpa gejala, klaster perusahaan, keluarga, dan pegawai ini kemudian menjadi kita kembali ke zona merah di Banten ini," kata Plt Kepala Dinkes Cilegon, Dana Sujaksani, kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Selain angka kematian, kasus aktif positif COVID-19 di Cilegon mencapai 30-an kasus. Angka positif Corona sebelumnya hanya belasan kasus.

"Kalau lihat data terkini memang kasus kita semakin banyak yang awalnya kita belasan sekarang kepala 3 jumlah per harinya," ujarnya.

Jika dilihat dari data per hari Dinkes Cilegon. Kasus pasitif COVID-19 mulai meningkat pada 6 Januari 2020. Pada hari sebelumnya, angka kasus positif hanya 139 kasus. Lalu pada 6 Januari, angka itu naik menjadi 163.

Hari berikutnya kasus positif terus mengalami kenaikan. Mulai 20-an kasus menjadi 30-an kasus positif per hari. Angka kematian pun sejak 6 Januari tersebut mencapai 2-3 orang.

Dana kembali mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah juga disebut sudah melakukan upaya pembatasan kegiatan masyarakat agar penyebaran COVID-19 tak meningkat.

"Semuanya kembali ke kesadaran masyarakat, kalau masyarakat belum mau menaati protokol kesehatan itu akan banyak menimbulkan kenaikan kasus kembali. Saya mengajak ke masyarakat dengan masuknya Cilegon ke zona merah kembali hayuk kita tetap tingkatkan protokol kesehatan," ujarnya.

(jbr/jbr)