Jokowi: Vaksinasi Dilanjutkan di Seluruh Tanah Air

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 11:40 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Proses vaksinasi virus Corona (COVID-19) perdana telah dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses vaksinasi akan dilanjutkan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini, nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Tanah Air," kata Jokowi melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2020).

Jokowi mengatakan proses vaksinasi ini dilakukan setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM serta fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia.

"Vaksinasi perdana ini dilakukan setelah kita mendapatkan izin penggunaan darurat, emergency use authorization dari BPOM dan juga telah keluarnya fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," jelas Jokowi.

Jokowi dilakukan vaksinasi COVID-19 penting dilakukan bagi masyarakat. Sebab, vaksinasi adalah salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Vaksinasi COVID-19 penting kita lakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona ini dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita dan keselamatan, keamanan bagi kita semuanya masyarakat Indonesia dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional," tutur dia.

Diketahui, Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapatkan vaksin Sinovac. Vaksinasi Corona perdana ini juga disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Momen vaksinasi Corona perdana di Indonesia ini dihadiri oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin, Ketua IDI Daeng Mohammad Faqih, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, dan Rais Syuriah PBNU Ahmad Ishomuddin. Mereka juga akan diberi vaksin Corona saat ini. Selain itu, ada tenaga kesehatan dan pedagang yang akan divaksin Corona bersama Jokowi.

Setelah disuntik vaksin Sinovac, Jokowi menceritakan apa yang dialami tubuhnya. Apa kata Jokowi?

"Nggak terasa sama sekali, ha-ha-ha...," jawab Jokowi.

(lir/tor)