Polisi Sebut Waterboom Cikarang Beri Diskon Tiket karena Sepi Pengunjung

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 21:04 WIB
Kapolres Metro Kabupaten Bekasi Kombes Hendra Gunawan memberikan keterangan soal kasus kerumunan Waterboom Lippo Cikarang
Kapolres Metro Kabupaten Bekasi Kombes Hendra Gunawan memberikan keterangan soal kasus kerumunan Waterboom Lippo Cikarang. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Kapolres Metro Kabupaten Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan motif pengelola Waterboom Lippo Cikarang memberi diskon besar-besaran lantaran sepi pengunjung. Diskon besar-besaran menang menjadi harapan pihak pengelola untuk menaikkan jumlah pengunjung.

"Ya motifnya untuk, sampai saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan, motifnya ingin meningkatkan pengunjung, awalnya kan sepi ya," ungkap Hendra di Polres Metro Kabupaten Bekasi, Jalan Ki Hajar Dewantara, Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (12/1/2020).

Hendra menuturkan rata-rata pengunjung harian di Waterboom Lippo Cikarang berkisar 200-500 orang. Sedangkan kapasitas taman wahana air itu mencapai 7.000 orang.

"Rata-rata itu harian pengunjung yang ada di Waterboom Lippo Cikarang hanya 200, 200 orang. Paling tinggi 500, dan itu 500 masih memadai karena kapasitas dari Lippo Cikarang Waterboom itu sendiri sekitar 7.000," lanjutnya.

Sebelumnya pihak kepolisian sudah menyebut kerumunan yang terjadi di Waterboom Lippo Cikarang sebagai pelanggaran protokol kesehatan. Polisi tengah melakukan penyelidikan terhadap 15 saksi.

"Adapun tindak lanjut dari pelanggaran, kami sudah sebutkan di situ adalah pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan pengelola Waterboom kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi ya," ujar Hendra.

Kasus ini bermula pada Minggu (10/1) ketika terjadi kerumunan di tempat rekreasi Waterboom Lippo Cikarang. Kerumunan bisa terjadi karena pengelola memberikan diskon besar-besaran. Diskon yang diberikan pengelola adalah 90%. Harga tiket awalnya Rp 95.000, kemudian dijual seharga Rp 10.000.

"Perkembangan kasus adanya kerumunan masa disalah satu tempat rekreasi area Lippo Cikarang atau tepatnya di Waterboom ya Lippo Cikarang, yang terjadi tanggal 10, tepatnya pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, kejadian itu terjadi dikarenakan adanya dari pihak pengelola yang melakukan diskon besar-besaran, kurang-lebih diskonnya sekitar 90% dari 95.000 setiap weekend-nya itu harga tiket masuknya 95.000 namun pada hari itu harga tiketnya menjadi 10.000," jelasnya.

(aud/aud)