FDR Black Box SJ182 Ditemukan, CVR Masih Dicari Tanpa Bantuan Beacon

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:00 WIB
Panglima TNI Konfrensi Pers Temuan Black Box Sriwijaya Air SJ182
Panglima TNI Konfrensi Pers Temuan Black Box Sriwijaya Air SJ182 (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meyakini black box cockpit video recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ182 akan segera ditemukan menyusul flight data recorder (FDR) yang ditemukan lebih dulu. Hadi menyebut lokasi CVR tidak jauh dari black box FDR.

Awalnya Hadi menyebut FDR ditemukan sore tadi sekitar pukul 16.40 WIB. Dia menyebut saat proses pencarian di sekitar lokasi ada pancaran 2 tanda dari underwater acoustic beacon dari black box.

"Pukul 16.40 WIB KSAL melaporkan kembali bahwa FDR sudah ditemukan, dan dilaporkan pula bahwa underwater acoustic beacon ditemukan sebanyak 2," kata Hadi saat konferensi pers di Pelabuhan JICT 2, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).

Hadi mengatakan 2 tanda dari beacon black box itu berarti terdapat pancaran sinyal dari 2 alat yang salah satunya diyakini berasal dari black box CVR. Atas dasar itulah, Hadi meyakini CVR berada tidak jauh dari lokasi FDR.

"Satu lagi cockpit voice recorder (CVR) masih perlu dicari dengan tanpa adanya bantuan yaitu beacon tersebut. Namun kami meyakini semua bahwa karena beacon yang ada di cockpit voice juga ditemukan di sekitar situ," ucapnya.

Tonton video 'KNKT Butuh 2-5 Hari untuk Mengunduh Data Black Box SJ182':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.