Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan Tim Penyelam TNI AL

Antara News - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 17:14 WIB
Kotak hitam pesawat sriwijaya air. (ANTARA/Fauzi Lamboka)
Kotak hitam pesawat sriwijaya air. (Antara/Fauzi Lamboka)
Jakarta - Black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditemukan. Black box ditemukan oleh tim penyelam TNI AL.

Berdasarkan foto dari Antara News, Selasa (12/1/2021), tampak black box Sriwijaya Air SJ182 itu dibawa oleh sejumlah orang yang memakai kaus bertuliskan tim penyelam TNI AL. Black box tersebut selanjutnya dibawa ke JICT 2.

Petugas gabungan TNI AL membawa kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ke Dermaga JICT II Tanjung Priok, usai ditemukan di Kepulauan Seribu sekitar pukul 16.30 WIB.

Kotak hitam itu dimasukkan ke boks dan berisi air berwarna kecokelatan, kemudian dibawa menggunakan sea rider oleh beberapa penyelam, di antaranya Kopaska dan Dislambair.

Kotak hitam itu dibawa oleh Dansatgasla Operasi SAR Sriwijaya Air Laksamana Pertama Yayan Sofyan dan Direktur Operasional Puskopaska Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi.

Pihak TNI AL belum bisa memastikan jenis black box yang ditemukan apakah Flight Data Recorder (FDR) atau cockpit voice recorder (CVR).

"Mohon tunggu gambarnya," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono kepada detikcom.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah merapat ke JICT 2. Menhub tampak berbincang dengan Kabasarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito.

Rencananya, Menhub bersama sejumlah pejabat akan menggelar konferensi pers terkait penemuan black box ini. Saat ini tim masih menunggu black box tersebut.

Menhub Budi Karya Sumadi sebelumnya melapor kepada Presiden Jokowi mengenai evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jokowi memerintahkan untuk mempercepat pencarian black box Sriwijaya Air.

"Dari laporan itu, Bapak Presiden memerintahkan kepada saya untuk mengkoordinasikan dengan cepat proses pencarian dari tubuh korban dan juga mempercepat proses dari pencarian black box. Insyaallah apa yang menjadi perintah Pak Presiden akan kami lakukan dan sore nanti saya diminta ke Priok untuk memastikan apa yang diperintahkan dilaksanakan dengan baik," ujar Menhub Budi dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1).

Arahan kedua, Jokowi meminta Menhub mengkoordinasikan layanan serta menjamin hak-hak keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu. Budi menyatakan sudah memanggil pihak maskapai serta Jasa Raharja untuk santunan kematian.

Tonton video 'Black Box FDR Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan!':

[Gambas:Video 20detik]




(knv/imk)