detikcom Do Your Magic

Anggota DPRD Pun Keluhkan Galian di DKI: Perlu Buat Manhole

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 17:12 WIB
Proyek galian utilitas sedang dikerjakan di sepanjang Jalan Buncit Raya hingga Mampang, Jakarta, Jumat (8/1/2021). Lalu lintas pun macet.
Galian kabel di Mampang Prapatan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Galian di sekitar Jl Mampang Prapatan Raya arah Kuningan bak proyek 'gali lubang tutup lubang'. Galian yang sudah ditutup bakal digali lagi suatu hari kemudian. Warga mengeluhkan kondisi ini. Anggota dewan Kebon Sirih menawarkan solusi.

"Saya sebagai anggota dewan kadang-kadang suka mengeluh juga soal ini, kok ini galian kabel nggak ada habis-habisnya," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, kepada detikcom, Selasa (12/1/2021).

Komisi D DPRD DKI membidangi masalah pekerjaan umum, perumahan, tata ruang, hingga pengelolaan lingkungan hidup daerah. Nova merupakan pimpinan Komisi D dari Fraksi Partai NasDem.

Proyek galian di Jl Mampang Prapatan dan sekitarnya. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Proyek galian di Jl Mampang Prapatan dan sekitarnya. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Agar Jl Warung Buncit Raya-Jl Mampang Prapatan arah Kuningan Jakarta Selatan tidak terus kena proyek galian kabel dan lain-lain, perlu solusi konkret. Solusi yang paling mungkin adalah pembuatan manhole alias lubang yang bisa dimasuki manusia, terhubung dengan boks utilitas (utility box). Kabel-kabel berbagai kepentingan bisa memanfaatkan saluran (ducting) yang terintegrasi dengan boks utilitas ini.

"Kalau memungkinkan untuk memasukkan semua kabel itu di bawah tanah, perlu dibikin manhole seperti di Cikini. Orang akan bisa masuk ke lubang itu. Tidak perlu membongkar lagi bila hendak menambah kabel, karena di situ sudah diberi tempat. Tinggal buka, orangnya masuk ke bawah," kata Nova.

Selanjutnya, semua yang punya kabel di tanah Jl Mampang Prapatan harus bikin kesepakatan dulu:

Selanjutnya
Halaman
1 2