Akses Jalan Tak Memadai, Ibu Hamil di Polman Ditandu 12 Km ke Puskesmas

Abdy Febriady - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:52 WIB
Ibu hamil di Polman, Sulbar harus ditandu 12 kilometer menuju puskesmas karena akses jalan yang buruk (dok. Istimewa).
Ibu hamil di Polman, Sulbar, harus ditandu 12 kilometer menuju puskesmas karena akses jalan yang buruk. (dok. Istimewa)
Polman -

Seorang ibu hamil di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), Nurmi (37), harus ditandu sejauh 12 kilometer untuk menuju puskesmas terdekat. Sebab, akses jalan dari desa tempatnya tinggal belum memadai untuk dilalui kendaraan roda 4.

Wanita asal Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, itu harus ditandu beramai-ramai oleh warga dengan melewati hutan hingga sungai untuk dibawa ke puskesmas agar mendapatkan pertolongan medis. Beratnya perjuangan warga menandu Murni sempat dibagikan salah seorang warga di media sosial.

"Jam 5 subuh kami menandu saudara kami Mama Inu (Nurmi) untuk menuju Puskesmas karena dia mau melahirkan, karena sudah dua hari belum keluar-keluar (melahirkan) juga," ujar salah seorang warga yang ada di video tersebut.

Ibu hamil di Polman, Sulbar harus ditandu 12 kilometer menuju puskesmas karena akses jalan yang buruk (dok. Istimewa).Ibu hamil di Polman, Sulbar, harus ditandu 12 kilometer menuju puskesmas karena akses jalan yang buruk. (dok. Istimewa)


Dalam video terlihat, Nurmi ditandu menggunakan dua potong bambu. Nurmi duduk pada dua kursi plastik yang disusun memanjang menjadi satu. Untuk memberi rasa nyaman, pada bagian belakang diberi sandaran dari kasur.

Sesekali warga berhenti, sekedar untuk beristirahat, sembari memeriksa cairan infus yang dipasang di tubuh Nurmi. Salah seorang pemuda Desa Lenggo, Habibi, mengungkapkan Nurmi memang mulai ditandu warga pada Selasa (12/1/2020) sekitar pukul 05.00 Wita subuh tadi.

"Start jam 5 subuh dari Lenggo, tiba di Puskesmas Bulo jam 9 pagi," ujar Habibi dalam pesan singkatnya kepada wartawan.

Saat tiba di Puskesmas Bulo, Nurmi langung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polman untuk mendapatkan pertolongan.

Hingga saat ini Desa Leggo masih terisolasi, simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2