Pemprov DKI Undur Vaksinasi Corona di Jakarta Jadi 15 Januari, Ini Alasannya

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:25 WIB
Ahmad Riza Patria (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Ahmad Riza Patria (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi Corona di Jakarta akan mundur dari jadwal yang semula sudah ditentukan. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kelompok pertama yang akan divaksinasi adalah tenaga kesehatan (nakes).

Riza mengatakan vaksinasi Corona di Jakarta akan dilakukan pada Jumat (15/1). Jadwal tersebut mundur satu hari dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, yakni Kamis (14/1).

"Terkait vaksin insyaallah di Jakarta mulai tanggal 15 (Januari), hari Jumat pagi akan kita mulai vaksin dimulai dari tenaga kesehatan dan tokoh-tokoh agar menjadi contoh bagi masyarakat meyakinkan kepada warga Jakarta bahwa salah satu solusi terbaik terkait protokol COVID pencegahannya melalui vaksin," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2021).

Riza menjelaskan alasan mundurnya vaksinasi tersebut atas saran sejumlah tokoh. Menurutnya, di hari Kamis itu ada sejumlah orang yang masuk daftar vaksinasi melaksanakan puasa sunah Senin-Kamis.

"Vaksinasi kan Pak Presiden tanggal 13 besok. DKI kan rencananya tadinya tanggal 14, tapi banyak tokoh menyampaikan itu hari Kamis ya banyak yang puasa Senin-Kamis, disepakati hari Jumat pagi," katanya.

Selain tenaga kesehatan, ada sejumlah tokoh yang akan ikut vaksinasi di Jakarta. Namun, Riza enggan menjelaskan siapa saja tokoh tersebut.

"Ya tokoh-tokoh nanti dari Pemda ada, dari Polda ada. Dari kodam forkopimda sudah disiapkan nanti silakan dicek nama-nama nya nggak perlu saya sampaikan, di sini sudah diatur disiapkan jadwalnya. Tinggal mengatur tempatnya apakah di rumah sakit di puskesmas atau di tempat masing-masing. Saran dari Menkes kan di rumah sakit," katanya.

Lebih lanjut, Riza mengatakan warga DKI setuju dengan adanya vaksinasi. Menurutnya, warga juga siap untuk divaksinasi.

"Saya sudah cek juga, meninjau ke beberapa masyarakat, saya tanyakan, pada prinsipnya masyarakat senang setuju dan mendukung dan siap di vaksin," ucap Riza.

Sebelumnya, Riza mengatakan DKI sudah siap melakukan vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi di Ibu Kota akan dilakukan pada Kamis (14/1).

"Iya, kan presiden tanggal 13 dan masing-masing daerah tanggal 14 (Januari)," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/1).

Riza mengatakan DKI Jakarta sudah menerima 39.200 dosis vaksin Corona. Tenaga kesehatan sebagai kelompok pertama yang akan menerima vaksin.

Riza mengaku siap bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan apabila divaksinasi pertama. Namun, dia menyerahkan kepada Dinkes DKI Jakarta sebagai pihak yang berhak memberikan vaksin.

(man/gbr)