NasDem: Semua Orang Berhak Dapat Vaksin COVID

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 15:42 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali
Ahmad M. Ali (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem mendorong kemungkinan kalangan pengusaha untuk diberikan vaksin bersamaan dengan masyarakat demi mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. NasDem melihat persoalan vaksin merupakan hak semua orang.

"Kalau saya sekarang ini kan, kita kelompokkan siapa yang lebih dulu, karena semua orang berhak untuk dapatkan itu, ini menyangkut kesehatan masalah kemanusiaan, ini bukan masalah siapa duluan siapa tidak, tapi sekarang problemnya gimana kemudian vaksin itu cepat ada dalam jumlah yang banyak di Indonesia," kata Ahmad saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Atas dasar itulah, dia menilai opsi untuk vaksin secara mandiri yang mungkin dilakukan oleh pengusaha sebagai langkah untuk bersama-sama menangani pandemi. Namun, kata dia, vaksinasi mandiri harus dilandasi regulasi yang ada

"Pemerintah sudah sungguh-sungguh tapi dengan keterbatasan tentunya sehingga butuh proses yang panjang untuk cukupkan 180 juta vaksin butuh proses panjang kalau hanya dilaksanakan pemerintah, tapi kalau dilaksanakan secara bersama-sama secara gotong royong oleh pihak swasta jadi di situ ada bisnis di situ ya silakan, ada solusi yang diberikan ke pemerintah," ucapnya.

Dia menyebut tidak masalah jika ada pihak yang ingin melakukan vaksinasi secara mandiri. Harapannya, kata dia, seluruh rakyat Indonesia, termasuk para pengusaha, bisa divaksinasi dalam 1 tahun untuk meningkatkan kembali perekonomian.

"Kalau secara mandiri silakan kau bayar, kalau ada yang disediakan pemerintah secara gratis supaya kita ingin dalam 1 tahun ini seluruh rakyat Indonesia bisa divaksin, kalau itu sudah terlaksana maka kita berharap geliat ekonomi bisa semakin cepat," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2