KRI Tenggiri Bawa 6 Kantong Berisi Bagian Tubuh hingga Pakaian

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 14:49 WIB
Penemuan body part dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182.
Penemuan body part dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

KRI Tenggiri membawa total enam kantong dari KRI Rigel yang berada di titik evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182. Keenam kantong itu langsung dibawa ke Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kami ditugaskan membawa hasil temuan dari KRI Rigel. Ada enam kantong," kata Komandan KRI Tenggiri Mayor Laut Toni Hermawan di dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).

Toni menjelaskan enam kantong itu terdiri atas 4 kantong berisi body part, 1 kantong pakaian, dan 1 kantong serpihan bodi pesawat.

"Ada empat kantong berisi bagian atau body part korban, 1 kantong berisi perlengkapan pribadi korban, dan 1 kantong berisi serpihan pesawat," ujar Toni.

"Selanjutnya kami serahkan kepada Basarnas untuk proses lebih lanjut," imbuhnya.

detikcom sebelumnya berkesempatan naik ke KRI Tenggiri pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 11.30 WIB. Saat tiba, sudah ada tiga kantong body part di sana.

Body part itu dimasukkan dalam kantong berwarna oranye. Bau busuk masih tercium.

Sekitar pukul 11.50 WIB, datang lagi satu speedboat dengan membawa tiga kantong. Tiga kantong baru terdiri atas 2 kantong serpihan pesawat dan 1 kantong body part.

Proses pengangkatan kantong berjalan lancar. Speedboat yang digunakan untuk mengantar kantong tampak langsung dinaikkan ke KRI Tenggiri.

KRI Tenggiri tiba di dermaga JICT 2 pukul 14.00 WIB. Selanjutnya keenam kantong itu diterima Basarnas untuk ditindaklanjuti oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan tim Disaster Victim Identification (DVI).

(idn/idn)