Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Pemkot Jakbar Siapkan Posko di Kelurahan

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 14:22 WIB
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto (Foto: Karin/detikcom)
Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat sudah menyiapkan posko banjir di tiap kecamatan dan kelurahan di Jakarta Barat. Posko ini disiapkan untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan.

"Menghadapi musim hujan untuk antisipasi banjir, kami juga sudah melakukan di masing-masing kecamatan dan kelurahan sudah ada posko banjir," ujar Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto kepada wartawan di di Kampung Tangguh Jaya Tambora, Tambora, Jakarta Barat, Selasa (12/1/2021).

Uus mengatakan persiapan posko-posko ini terlaksana atas kerja sama dengan tiga pilar, yaitu TNI, Polri dan Pemkot. Posko ini didirikan untuk membantu masyarakat menghadapi banjir.

"Insyaallah dalam waktu dekat kami dengan jajaran TNI-Polri akan mempersiapkan lebih lanjut lagi terkait dengan posko bencana," kata Uus.

"Jadi sama-sama untuk membantu masyarakat pada saat kondisi pandemi dan saat musim bencana," lanjutnya.

Untuk diketahui, wilayah DKI Jakarta menjadi langganan banjir ketika memasuki musim hujan seperti saat sekarang ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kala itu meminta agar banjir yang menerjang Jakarta dapat surut dalam waktu kurang dari 6 jam.

"Curah hujan tinggi, kita lakukan antisipasi dengan kerukan waduk-waduk itu intensif sekali. Anda bisa saksikan waduk-waduk Jakarta pengerukannya intensif sekali. Kemudian pembersihan semua saluran-saluran itu dilakukan. Ketiga, organisir kegiatan antar instansi pemerintah bila terjadi banjir," ujar Anies di Menara Rajawali, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Tonton juga video 'Fenomena Iklim Global La Nina Masih Pengaruhi Indonesia hingga 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)