Cegah Klaster Corona di Masa PSBB Ketat, Kawasan Kota Tua Disterilisasi

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 13:33 WIB
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto (Foto: Karin/detikcom)
Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan sterilisasi kawasan wisata Kota Tua. Sterilisasi tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperketat di DKI Jakarta.

"Untuk penerapan PPKM atau PSBB yang dilaksanakan mulai kemarin sejak tanggal 11 yang insyaAllah akan sampai tanggal 25. Sebagai penjabarannya untuk di Jakarta Barat ada beberapa lokasi yang memang kita perhatikan untuk disterilisasi, di antaranya adalah di sekitar kawasan Kota Tua," ujar Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto di Kampung Tangguh Jaya Tambora, Tambora, Jakarta Barat, Selasa (12/1/2021).

Uus mengungkapkan, sterilisasi di kawasan wisata Kota Tua itu bekerja sama dengan Polri dan TNI. Beberapa lokasi, kata dia, juga ditutup sementara untuk mencegah kerumunan di Kota Tua.

"Untuk objek kawasan wisata Kota Tua sampai saat ini bekerja sama dengan TNI dan Polri dan Pemkot Jakarta Barat dilakukan sterilisasi yang mana ada beberapa lokasi yang sengaja kita tutup untuk mengurangi terjadinya kerumunan masyarakat," katanya.

Beberapa ruas jalan di kawasan wisata Kota Tua, kata Uus, juga ditutup. Dia menjelaskan, penutupan itu didasarkan pada kajian yang dilakukan bersama Sudin Perhubungan Jakarta Barat.

"Mudah-mudahan dengan adanya sterilisasi tersebut ini akan meminimalisir terjadinya kerumunan masyarakat di pusat keramaian. Terutama di Kota Tua, yang mana tahu sendiri Kota Tua menjadi pusat kerumunan masyarakat. Di situ ada kegiatan masyarakat, baik itu kegiatan wisata, termasuk juga di situ ada Stasiun Jayakarta, juga kegiatan ekonomi. Jadi kalau tidak kita kendalikan itu dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan masyarakat dan akan menjadi klaster di masa pandemi saat ini," tutur Uus.

Hingga saat ini, Satpol PP Jakarta Barat belum menemukan laporan adanya pelanggaran aturan PSBB ketat yang dilakukan masyarakat. Sejauh ini di Jakarta Barat hanya kawasan wisata Kota Tua yang dilakukan sterilisasi.

"Untuk daerah wisata sementara ini hanya di Kota Tua, untuk yang lainnya seperti biasa terus dilakukan pemantauan, baik dari jajaran tingkat kota, kelurahan, maupun di RT RW semua bersama-sama. Harapannya sama bahwa ada pelanggaran nanti warga masyarakat bisa melaporkan apabila mungkin nanti bisa diketemukan pelanggaran, insyaallah nanti dari Satpol PP akan menegakkan peraturan yang telah ditentukan," jelas dia.

(mae/mae)