Golkar Setuju Influencer Divaksin Kloter I: Biar Masyarakat Yakin

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 13:42 WIB
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization vaksin COVID-19 Sinovac. Begini alasannya.
Vaksin Sinovac Disetujui BPOM (M Agung Rajasa/Antara Foto)

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akan jadi yang pertama disuntik vaksin Corona di Indonesia pada 13 Januari 2021. Selain Jokowi, ada beredar nama Raffi Ahmad dan Bunga Citra Lestari.

Nama sejumlah influencer tersebut muncul berdasarkan slide yang memuat daftar nama orang-orang yang akan disuntik vaksin Sinovac pertama kali. Dalam slide yang bertulisan 'Rencana Penyuntikan Perdana 13 - 15 Januari 2021' itu, ada juga nama beberapa public figure.

Presiden Joko Widodo, Menkes, MenBUMN, Menlu, Mendiknas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas COVID-19, dan Kepala BPOM, menjadi kelompok pertama yang akan disuntik vaksin pada 13 Januari mendatang.

Di slide tersebut tertulis kelompok kedua yang merupakan Pengurus Asosiasi Profesi dan 'Key Opinion Leader' Kesehatan. Di kelompok kedua itu tertulis nama Najwa Shihab, dr Tirta, Bunga Citra Lestari, dan Raffi Ahmad.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, kepada detikcom memberikan klarifikasinya.

"Slide-nya bukan rilis resmi Kemkes ya dan Informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan karena hingga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kita masih menunggu keluarnya EUA ya," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, kepada detikcom, Jumat (8/1/2021).

Siti mengatakan nama-nama yang akan menerima vaksin perdana masih dalam pembahasan pemerintah. Dia berharap hebohnya daftar nama penerima vaksin pertama tidak menjadi rujukan.

Halaman

(maa/tor)