Legislator PKS Wanti-wanti Banyak PR di Sektor HAM Bagi Calon Kapolri Baru

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 13:33 WIB
Achmad Dimyati Natakusumah.
Legislator PKS, Achmad Dimyati Natakusumah (Screenshot YouTube DPR RI)
Jakarta -

Sejumlah nama Jenderal bintang 3 pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis menguat ke publik. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS, Achmad Dimyati Natakusumah, mengingatkan kepada calon Kapolri baru terkait penanganan di sektor HAM.

"Sorotan dan pendapat masyarakat tentang bursa calon Kapolri merupakan sesuatu yang wajar. Selain karena posisi Kapolri yang strategis, saya yakin bahwa hal ini didasari oleh rasa cinta terhadap Polri," kata Achmad saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Achmad mengatakan masyarakat berharap pimpinan Polri yang baru bisa membawa Polri lebih baik. Selain lebih humanis, kata dia, Polri ke depannya harus dibawa dekat dengan masyarakat.

"Masyarakat ingin agar Polri lebih baik, lebih humanis dan dekat dengan masyarakat, lebih merangkul," ucapnya.

Lebih jauh, Achmad mengingatkan PR Kapolri baru sangat banyak, khususnya pada sektor penghormatan hak asasi manusia (HAM). Dia pun menyinggung soal kasus yang terjadi belakangan soal penembakan 6 pengikut Habib Rizieq.

"Kapolri baru akan dihadapkan dengan segudang PR yang harus diselesaikan dengan baik. Sektor pemenuhan dan penghormatan HAM harus menjadi salah satu prioritas dalam setiap kegiatan dan tindakan yang dilakukan Polri," jelasnya.

"Misalnya, kasus penembakan 6 laskar FPI harus ditangani dengan adil, transparan dan akuntabel, serta harus jadi yang terakhir di Indonesia. Tidak boleh terulang lagi," lanjut Achmad.

Simak selengkapnya harapan Calon Kapolri baru lainnya, di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2