Hari Ke-4 Pencarian, Begini Situasi di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 09:27 WIB
Proses Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan Seribu
Foto: Arun/detikcom
Jakarta -

Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara memasuki hari keempat. Begini situasi proses evakuasi di titik pencarian.

detikcom berkesempatan mendekat ke titik evakuasi menggunakan perahu LCVP dari KRI Semarang. Pantauan pada Selasa (12/1/2021), pukul 08.45 WIB, pasukan penyelam gabungan sudah berada di titik evakuasi.

Situasi cuaca di lokasi tampak mendung dan berangin. Meski begitu, petugas gabungan evakuasi pesawat tetap melakukan upaya pencarian

Terpantau ada belasan perahu speedboat menyebar di titik lokasi. Pasukan penyelam yang dikerahkan berasal dari Denjaka, Marinir, Basarnas, Kopaska, dan Dislambair.

Proses Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan SeribuProses Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Perairan Kepulauan Seribu (Arun/detikcom)

Terlihat di titik evakuasi tampak dipasangi tanda berupa bola atau penanda lain. Itu menjadi tanda adanya penyelam yang sedang turun.

Tepantau satu speedboat diisi 5-10 orang. Tampak terlihat beberapa pasukan sedang menarik tali dari bawah air.

Beberapa penyelam terlihat muncul di permukaan laut. Sejumlah serpihan atau benda dari pesawat tampak diangkut ke atas.

Awak kapal tampak memperlihatkan hasil temuan di bawah laut. Mereka memperlihatkan serpihan, dari bodi pesawat berwarna biru dan merah hingga sebuah sabuk.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021, pukul 14.40 WIB. Pesawat hilang kontak setelah 4 menit mengudara.

Operasi SAR masih terus dilakukan hingga saat ini. Bagian serpihan pesawat sudah mulai ditemukan, dan tim gabungan pun telah mendeteksi keberadaan black box pesawat di lokasi.

Basarnas memperbarui data hasil pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta. Terdapat 74 kantong jenazah berisi potongan tubuh sampai hari ini.

"Untuk body remains atau bagian tubuh korban seluruhnya sudah kami serahkan ke DVI, dan untuk material pesawat kami serahkan kepada KNKT," kata Kabasarnas Marskal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito saat konferensi pers di Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, seperti dalam keterangan tertulis, Senin (11/1).

Selain itu, telah ditemukan beberapa bagian pesawat. Bagian besar pesawat sebanyak 24 dan serpihan kecil sebanyak 16.

Tonton video 'Evakuasi Sriwijaya Air H+4, 3.600 Personel-54 Kapal Dikerahkan':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)