Menhub Temui Keluarga Korban Sriwijaya Air: Pemerintah Maksimal Mencari

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 17:02 WIB
Menhub Budi Karya (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Menhub Budi Karya (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menemui keluarga korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 hari ini. Budi mengatakan pertemuan tersebut dilakukan supaya pihak keluarga korban mengetahui progres upaya pencarian yang dilakukan pemerintah.

"Kami mengadakan pertemuan dengan keluarga korban untuk menyampaikan upaya pemerintah maksimalkan pencarian, memberikan instruksi pada pihak-pihak di antaranya Sriwijaya dan Jasa Raharja," ujar Menhub Budi dalam jumpa pers di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021).

Dalam pertemuan itu, Budi menyebut keluarga korban tidak hanya dari Pontianak maupun Jakarta, tapi juga ada yang berasal dari Sumatera. Dia berharap pertemuan itu bisa memberi rasa aman kepada keluarga korban.

"Tadi dalam diskusi, bukan saja dari Pontianak dan Jakarta tapi ada yang dari Jawa Tengah, ada yang dari Bangka, Bandung. Sehingga, harapannya pertemuan itu memberikan rasa aman dan kepastian keluarga korban," terangnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan pemerintah dan petugas gabungan di lapangan semaksimal mungkin berusaha mencari korban Sriwijaya Air SJ182.

"Upaya pencarian kita maksimalkan kemarin setelah, ke lokasi bersama panglima kita terus berkoordinasi dan kita mendapatkan satu hasil yang lebih baik," jelas Budi.

Budi pun meminta Jasa Raharja dan Sriwijaya Air memberikan pelayanan terbaik kepada keluarga korban. Termasuk memenuhi permintaan keluarga korban terkait pemakaman jenazah.

"Dalam kesempatan ini sekali lagi saya sampaikan kepada Jasa Raharja dan Sriwijaya untuk memberikan layanan yang baik, termasuk di antaranya permintaan dari keluarga korban untuk dimakamkan di asal kota. Tidak saja di Jakarta dan Pontianak tapi juga di kota asal," tandasnya.

Setelah bertemu dengan keluarga korban di Angkasa Pura II, Budi bertolak ke Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Budi seketika masuk ke dalam Posko Crisis Center Sriwijaya Air.

Ketika bertemu keluarga korban Sriwijaya Air SJ182, Menhub Budi ditemani Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dirut Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena, dan Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra.

(isa/isa)