Cegah Korupsi Bansos, Risma Perintahkan Jajaran Tindaklanjuti Temuan KPK

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 15:33 WIB
Mensos Risma
Mensos Risma ke KPK (Farih Maulana Sidik/detikcom)

Menurut Ghufron, pendataan masalah sosial itu selalu dinamis sesuai dengan masalah yang berkembang dalam dinamika sosialnya. Oleh sebab itu, data tersebut perlu diperbarui.

"Updating data tersebut untuk mendinamisasi data sosial tersebut, maka sebagaimana disampaikan Bu Risma telah melakukan beberapa kerja sama baik dengan daerah, dengan perguruan tinggi dan juga kemudian mengundang bagaimana masyarakat agar juga terlibat dan aktif untuk memastikan data yang sudah terhimpun apakah valid atau tidak," katanya.

Kemudian Ghufron menyinggung terkait penyelenggaraan bantuan sosial (bansos) yang diubah menjadi tunai. Menurut Ghufron, Risma meminta KPK mengawasi program tersebut.

"Beliau juga menyampaikan permohonan kepada KPK bagaimana agar integrasi dari penyelenggara bantuan sosial ini, harapannya memiliki empati dan dedikasi yang sama terhadap beban masalah sosial. Jadi Bu Risma sangat menekankan kepada jajarannya supaya kemudian segenap insan Kemensos memiliki dedikasi untuk melayani masalah-masalah sosial, masalah-masalah kemiskinan dan masalah-masalah pengangguran lainnya," pungkasnya.


(fas/knv)