Risma Janji Kemensos Bakal Bantu Keluarga Korban Sriwijaya Air

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 12:53 WIB
Tri Rismaharini resmi menjadi Menteri Sosial usai serah-terima jabatan dari Muhadjir Effendy, yang didapuk menjadi menteri ad interim. Saat sertijab itu, Risma tampak anggun mengenakan kebaya berwarna merah.
Tri Rismaharini (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu beberapa hari yang lalu turut menarik perhatian Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Risma berjanji Kementerian Sosial (Kemensos) bakal memberikan bantuan kepada keluarga korban yang ditinggalkan.

"Kemensos insyaallah akan tetap membantu. Saat ini kita sedang ada di Posko Soekarno-Hatta. Ada di Hotel Mercure untuk mendampingi psikoterapinya para keluarga, juga ada di di Priok. Juga di RS Polri," ujar Risma dalam jumpa pers di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021).

Selain itu, Risma mengatakan pihaknya akan menjembatani keluarga korban dengan Pemda setempat. Pasalnya, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 berasal dari 24 kota/kabupaten yang berbeda.

"Ini tadi juga sempat kita bicarakan. Untuk nanti Kemensos akan menjadi jembatan antara keluarga, kemudian pemda, dan pemda di sini, dan pemda daerah asal. Karena tadi ada 24 kota/kabupaten, yang domisilinya para ahli waris. Para keluarga korban. Saya tidak ngomong ahli waris mohon maaf. Mungkin masih ditemukan masih hidup," terangnya.

Untuk asuransi, lanjut Risma, Kemensos bersedia membantu keluarga korban terkait komunikasi dengan pihak PT Jasa Raharja. Akses ke pengadilan pun akan Risma bantu jika diperlukan.

"Nah, itu yang kita akan coba bantu untuk Kemensos untuk komunikasi dengan tadi, pemda, dengan keluarga, dan juga ke Jasa Raharja. Karena setahu saya asuransinya tuh juga ada dari Boeing. Setahu saya ada," jelas Risma.

"Jadi itu yang harus kita siapkan. Seperti itu. Nanti kalau ternyata harus pengadilan maka Kemensos pun yang akan membantu mengakseskan ke pengadilan seperti itu," sambungnya.

Mensos Risma tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Adhyasta/detikcom)Mensos Risma tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Adhyasta/detikcom)

Kemudian, Kemensos memberi pelayanan berupa trauma healing kepada keluarga korban yang ditinggalkan. Risma mengatakan pihaknya bersedia menemui keluarga korban di seluruh daerah untuk memberi pendampingan melalui Dinas Sosial setempat.

"Betul (trauma healing). Jadi (Dinsos) kita ada di Pontianak. Kalau ada keluarga korban di daerah kita akan datangi, selain di Pontianak tadi," tukas Risma.

"Sudah. Saya perintahkan sejak ada kejadian maka kita langsung siapkan untuk trauma healing-nya. Termasuk yang di sini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Mensos Risma menyambangi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pagi ini. Risma datang untuk mengecek kondisi keluarga korban di Posko Crisis Center Sriwijaya Air.

Pantauan detikcom, Senin (11/1), Mensos Risma tiba pada pukul 10.49 WIB. Dirinya disambut oleh beberapa petinggi seperti Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, hingga Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Adi Ferdian Saputra.

Setelah berbincang-bincang di luar, Risma langsung masuk ke Posko Crisis Center Sriwijaya Air Bandara Soekarno-Hatta. Risma pergi meninggalkan Soetta pada pukul 11.17 WIB.

Tonton video 'Mensos Risma Siapkan Posko Trauma Healing Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ182':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)