Komisi V DPR Cek Evakuasi Sriwijaya Air, Segera Panggil Menhub

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 15:13 WIB
Komisi V DPR mengecek lokasi evakuasi Sriwijaya Air SJ182 (Rahmat Fathan/detikcom).
Komisi V DPR mengecek lokasi evakuasi Sriwijaya Air SJ182. (Rahmat Fathan/detikcom).
Jakarta -

Komisi V DPR mengecek lokasi evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Dermaga JITC, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Seusai bertemu dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Komisi V DPR berencana memanggil Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan mengundang Menteri Perhubungan dan seluruh jajarannya," ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ridwan Bae kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Ridwan mengatakan, pihaknya ingin bertemu dengan Menhub Budi Karya untuk membicarakan ihwal usia pesawat yang ada di maskapai-maskapai penerbangan Indonesia. Selain itu, dia juga ingin membahas mengenai maskapai penerbangan yang bertarif murah.

"Jangan terlalu banyak mereka lahir tetapi tidak memerhatikan faktor-faktor keselamatan," ucapnya.

"Karena biaya murah pada dasarnya menurut pemikiran orang itu bisa terjadi dengan mengabaikan persoalan suku cadang yang sangat dibutuhkan dalam keseriusannya," dia melanjutkan.

Sebelumnya, proses pencarian Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu telah memasuki hari ketiga. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kembali menerima satu kantong berisi bagian tubuh siang ini.

"Sampai hari ini yang sudah kita temukan tadi malam saya katakan 18 kantong jenazah yang berisi atau berupa body part atau potongan tubuh korban. Hari ini kita datang lagi satu kantong jenazah," ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Purnawirawan Bagus Puruhito, Senin, 11 Januari 2020.

Maka, total sudah ada 19 kantong berisi bagian tubuh diduga korban Sriwijaya Air SJ182 yang diamankan Basarnas. Selain itu, Basarnas telah menerima 10 kantong yang berisi puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021, pukul 14.40 WIB. Pesawat hilang kontak setelah 4 menit mengudara.

Operasi SAR masih terus dilakukan hingga saat ini. Bagian serpihan pesawat sudah mulai ditemukan, dan tim gabungan pun telah mendeteksi keberadaan black box pesawat di lokasi.

(gbr/gbr)