DPR Lantik Anggota F-Gerindra Pengganti Soepriyanto yang Wafat Karena Corona

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 12:26 WIB
Pelantikan PAW anggota DPR F-Gerindra
Foto: Pelantikan PAW anggota DPR F-Gerindra (Tangkapan layar YouTube DPR)
Jakarta -

DPR melantik seorang anggota pergantian antarwaktu (PAW) dalam rapat paripurna hari ini. Anggota PAW yang dilantik tersebut menggantikan anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Soepriyanto.

Pelantikan satu anggota PAW itu digelar secara fisik dan virtual dalam paripurna DPR di gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2021). Adapun anggota PAW yang dilantik ialah Bimantoro Wiyono, SH dari dapil Jawa Timur (Jatim) VIII.

"Perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan telah menerima satu petikan keputusan presiden Republik Indonesia tentang peresmian pergantian antarwaktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan tahun 2019-2024, yaitu saudara Bimantoro Wiyono, SH dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII menggantikan saudara Insinyur Haji Saudara Soepriyanto," ujar Puan.

Puan kemudian melantik dan membacakan sumpah kepada Bimantoro Wiyanto sebagai anggota DPR. Bimantoro dilantik sesuai dengan sumpah dalam agama islam.

"Apakah saudara bersedia disumpah menurut agama Islam?," tanya Puan ke Bimantoro.

"Bersedia," jawab Bimantoro.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab besar terhadap negara dan bangsa Republik Indonesia," ujar Puan.