DPR Masih Tunggu Jokowi Kirim Surpres terkait Calon Kapolri

Rahel Narda Chaterine, Tiffanny Theresia - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 11:04 WIB
Gedung Mabes Polri
Foto: Gedung Mabes Polri (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiunnya di akhir bulan ini. Pimpinan DPR RI masih belum menerima surat presiden (supres) mengenai calon Kapolri (cakapolri).

"Ya sampai hari ini belum menerima surat dari Presiden mengenai calon Kapolri. Tentunya kami dalam posisi menunggu saja dan apabila surat tersebut sudah sampai, tentunya kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut, Dasco mengatakan dirinya masih belum mendapat informasi kapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengirim surpres calon Kapolri. Namun, menurutnya, Presiden Jokowi sudah memperhitungkan hal tersebut.

"Ya biasa ya sampai saat ini kita belum menerima info, tapi tentunya Presiden akan menghitung mengenai persyaratan surat harus masuk sebelum batas waktu dari Kapolri yang sekarang pensiun. Nah itu ada aturannya, berapa hari," ucapnya.

Dasco yakin supres calon Kapolri akan diterima DPR RI sebelum masa jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis berakhir. "Tentunya surat tersebut akan datang sebelum masa batas jatuh temponya. Mari kita tunggu saja demikian," ungkapnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry juga mengatakan belum menerima supres calon Kapolri. Ia menyebut Komisi III DPR RI juga sedang mencari informasi terkait supres cakapolri.

"Belum ada surat apapun. Belum, kami sedang cari info," ujarnya.

Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam Mahfud Md membenarkan dirinya telah menyampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mahfud mengatakan semua calon Kapolri tersebut merupakan jenderal bintang 3.

Pernyataan Mahfud itu disampaikan lewat akun Twitter-nya @mohmahfudmd seperti dilihat detikcom, Jumat (8/1). Mahfud mengatakan nama-nama calon Kapolri tersebut selanjutnya akan dipilih Jokowi untuk diserahkan ke DPR.

Mahfud pun mengungkap lima nama jenderal bintang tiga yang menjadi kandidat Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono hingga Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

"Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," ujar Mahfud.

Simak video 'Mahfud Ungkap 5 Nama Calon Kapolri yang Diserahkan ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/gbr)