Peta Bursa Kapolri Terbaru Setelah Kompolnas Kirim Surat ke Jokowi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 14:47 WIB
Gedung Mabes Polri
Gedung Mabes Polri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Peta bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis semakin mengerucut. Tersisa lima nama perwira tinggi Polri setelah Kompolnas mengirimkan surat rekomendasi kepada Presiden Jokowi.

Informasi yang dihimpun detikcom, Jumat (8/1/2021), lima nama calon Kapolri itu merupakan jenderal senior bintang tiga di tubuh korps Bhayangkara. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar.

Rekomendasi Kompolnas diserahkan langsung oleh Ketua Kompolnas Mahfud Md kepada Presiden Jokowi pada Rabu (6/1) kemarin. Namun Kompolnas tidak menyampaikan secara terbuka kepada publik mengenai nama-nama yang diserahkan kepada Jokowi itu.

"Setelah rapat pleno, hasilnya diserahkan Ke Ketua (Kompolnas) dan selanjutnya Ketua yang menyampaikan ke Presiden," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto saat dihubungi.

Nama-nama calon Kapolri itu memang sudah santer diisukan sejak Desember tahun lalu. Di kalangan anggota Komisi III DPR misalnya, nama Komjen Listyo hingga Komjen Boy sering disebut-sebut sebagai kandidat Kapolri.

Sementara itu, isu lain diembuskan Indonesia Police Watch (IPW) soal pergantian Kapolri dilakukan sepaket dengan Wakapolri. Meski belum tentu kebenarannya, isu ini setidaknya memunculkan dua nama, yaitu Komjen Gatot dan Komjen Sigit.

"Saat ini ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian Kapolri dan Wakapolri, yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis, dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy," Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam keterangannya, Rabu (6/1/2021).

Pantauan IPW, gagasan paket Gatot Kapolri-Sigit Wakapolri semakin serius dibahas kalangan Istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi menjelang penyerahan nama calon Kapolri ke DPR. Neta memprediksi penyerahan satu nama calon Kapolri dari Jokowi ke DPR akan dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, Idham Azis akan pensiun pada 25 Januari 2021.

"Setelah mendapat usulan nama-nama calon Kapolri, Presiden akan memilih satu nama yang kemudian pada Senin, 11 Januari 2021, diserahkan kepada DPR agar Komisi III DPR bisa melakukan uji kepatutan sebelum Kapolri Idham Azis pensiun pada 25 Januari 2021," terang Neta.

Sebagian isi berita dimutakhirkan dengan menambahkan keterangan terbaru dari Mahfud Md selaku Ketua Kompolnas.

Simak video 'Timang-timang Calon Kapolri Pilihan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]