Ada Longsor, Jalur Puncak Ditutup-Kendaraan Dialihkan ke Jalur Alternatif

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 02:23 WIB
Kawasan Gunung Mas Bogor longsor, jalur puncak ditutup
Kawasan Gunung Mas Bogor longsor, jalur puncak ditutup, kendaraan dialihkan ke jalur alternatif (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Longsor terjadi di Kawasan Gunung Mas Bogor. Akibatnya jalur menuju puncak ditutup, kendaraan diarahkan melewati jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol.

Pantauan detikcom, arus lalu lintas ditutup mulai dari bundaran Lampu Gentur. Penutupan mulai dilakukan Minggu (10/1/2021) tengah malah sekitar pukul 24.00 WIB.

Hingga Senin (11/1/2021) dini hari sekitar pukul 01.47 WIB, akses masih ditutup. Anggota Satlantas Polres Cianjur masih bersiaga dan mengarahkan pengendara yang hendak ke Puncak atau Jakarta untuk melalui jalur alternatif.

"Karena ada longsor di Puncak tepatnya kawasan Gunung Mas. Arus lalu lintas ditutup dan pengendara kami alihkan untuk melalui jalur alternatif Sukabumi atau Jonggol, karena memang akses jalur Puncak tidak bisa dilalui," kata KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudhistira, Senin (11/1/2021).

Dia belum bisa memastikan kapan akses akan kembali dibuka. Namun kemungkinan jalur puncak baru bisa dilalui Senin pagi.

"Kami terus koordinasi dengan Polres Bogor. Informasinya sudah dilakukan penanganan, tapi membutuhkan waktu. Paling cepat subuh, tapi kemungkinan pagi baru bisa normal dan bisa dilalui," kata Yudhistira.

Sekadar diketahui, bencana tanah longsor terjadi di jalur Puncak tepatnya di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (10/1/2021), malam.

Material longsor menutup badan jalan dan membuat jalur utama dari Cianjur menuju Bogor dan Jakarta ataupun sebaliknya tertutup.

(eva/eva)