Peringati HUT Ke-48, PDI-P Kota Semarang Tanam 48.000 Pohon

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 19:59 WIB
PDIP
Foto: Istimewa
Jakarta -

Memperingati HUT Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ke-48, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kota Semarang melakukan penghijauan. Sebanyak 48.000 bibit pohon ditanam di lima titik sungai, di antaranya Sungai Babon, Sungai Tenggang, Sungai Seringin, Sungai Banger, serta Banjir Kanal Barat.

Wali Kota Semarang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi menilai langkah penghijauan ini selaras dengan tema peringatan HUT Ke-48 PDI-P yakni mewujudkan gerakan penghijauan secara serentak. Menurutnya, 48 tahun merupakan sebuah usia matang yang ditunjukkan oleh sebuah organisasi politik dalam eksistensinya memenuhi tuntutan zaman pasca reformasi.

Pria yang akrab disapa Hendi ini juga mengungkap syukur karena meski terjadi ketidakstabilan situasi politik di Indonesia, PDI-P tetap dapat unggul dalam Pemilu dengan kemenangan yang diperoleh secara berturut-turut. Tak hanya itu, Hendi juga membahas mengenai kemenangan perjalanan politiknya di Kota Semarang.

"Alhamdulillah pada 9 Desember kemarin kita kembali menang dalam hajatan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Semarang. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kader dan keluarga besar PDI perjuangan dan seluruh elemen pendukung atas kerja kerasnya sehingga beberapa rekor terkait pemilihan wali kota dapat kita pecahkan," tutur Hendi dalam keterangan tertulis, Minggu (10/1/2021).

Berdasarkan data pemilihan wali kota terbaru di Semarang, Hendi mengaku memperoleh kemenangan dengan persentase sebesar 91,56% serta tingkat angka partisipasi masyarakat di angka 68,6%. Angka ini diakuinya sebagai yang tertinggi dalam sejarah pemilihan wali kota.

Hendi mengakui pencapaian tersebut sebagai suatu kebanggaan karena berhasil meraihnya di tengah masa pandemi. Apalagi sempat muncul kekhawatiran akan berkurangnya partisipasi pemilih, terutama akibat ancaman penularan COVID-19 dalam aktivitas memilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Hendi menambahkan, pihaknya akan mewujudkan janji kampanye untuk membuat Kota Semarang semakin hebat. Salah satunya dengan gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon pada lima titik sungai di Semarang.

"Alhamdulillah banjir dan rob khususnya di daerah Kaligawe dan Genuk sudah mulai berkurang, tugas kita sekarang yaitu menghijaukan lokasi-lokasi tersebut. Harapannya 5 tahun kemudian masyarakat sekitar akan merasakan hasilnya. Yaitu Semarang semakin hijau, semakin nyaman ditinggali sehingga ekonomi semakin lebih baik," pungkasnya.

Pada peringatan HUT PDI-P ini dilakukan pula pemberian penghargaan kepada PAC dan ranting yang meraih prestasi dalam penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada 9 Desember lalu.

(akn/ega)