Posisi Sudah Diketahui, Black Box Sriwijaya Air SJ182 Dicari dengan Alat Ini

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 16:30 WIB
Jakarta -

Posisi benda yang diduga kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 sudah ditemukan. KNKT saat ini berfokus pada pencarian dan pengangkatan benda tersebut.

"Kita sekarang sudah mengetahui posisi dari kedua black box tadi dan KNKT turunkan 3 alat pinger finder dan sudah berada di KRI Rigel dan segera akan dilaksanakan pencarian oleh para penyelam dengan menggunakan portable pinger finder," kata Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono di JICT 2, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Dia berharap, dengan ditemukannya titik itu, black box bisa segera ditemukan. KNKT juga segera melakukan identifikasi terhadap temuan serpihan pesawat Sriwijaya Air.

"Mudah-mudahan tak terlalu lama kita bisa mendapatkan black box ini jadi hari ini konsentrasi cari black box dan mengidentifikasi part yang sudah ditemukan. Selanjutnya me-marking part ini ditemukan di mana untuk mengevaluasi bagaimana penyebaran serpihan tersebut," lanjut dia.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan perkembangan upaya evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Black box Sriwijaya Air SJ182 ini sudah diberi marking.

"Saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari," kata Marsekal Hadi.

"Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box tersebut terus bisa dipantau dan sekarang sudah kita beri marking," imbuh Panglima TNI.

Panglima TNI menyatakan black box Sriwijaya Air SJ182 tersebut ada kemungkinan segera bisa diangkat. Jika sudah ditemukan dan diangkat, black box akan diserahkan ke KNKT.

(idn/knv)