Jaksa KPK Konfirmasi soal Foto Novanto-Idrus Marham di Acara Ultah Nurhadi

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 23:45 WIB
Eks Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono kembali jalani sidang virtual. Sidang itu digelar terkait kasus suap-gratifikasi yang menjerat keduanya
Eks Sekretaris MA Nurhadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK, Takdir Suhan mengonfirmasi foto mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dengan terpidana korupsi Setya Novanto hingga Idrus Marham ke saksi bernama Iwan Cendekia Liman dalam sidang kasus suap san gratifikasi Nurhadi. Seperti apa foto itu?

Iwan mengaku pernah diundang acara ulang tahun Nurhadi pada 19 Juni 2015 diundang oleh menantu Nurhadi Rezky Herbiyono. Acara itu digelar di Patal Senayan, Jakarta.

"BAP ada tiga foto hitam-putih, saksi jelaskan di BAP gambar 1 foto 19 Juni 2015, pada saat ultah Nurhadi selaku Sekretaris MA. Saya Iwan Cendekiawan berfoto dengan Calvin Pratama, Rizky Herbiyono, dan satu orang lagi saya nggak ingat. Dan waktu itu saksi menunggu di ruang entertain di Patal Senayan," kata jaksa KPK Takdir Suhan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

"Foto kedua, pada saat itu ada dokumentasi ada terdakwa 1, ada Pak Setya Novanto, ada Idrus Marham, Anwar Usman, dan Bupati Padang Lawas. Saudara bisa jelaskan Bupati Padang Lawas yang urus kebun Nurhadi gimana?" lanjut jaksa Takdir.

Iwan membenarkan foto itu. Iwan kemudian menjelaskan soal pernyataan tentang Bupati Lawas, dia mengaku tahu Bupati Padang Lawas dari saudara dari Rezky bukan masalah kebun Nurhadi.

"Saya nggak kendala Bupati Padang Lawas. Cuma saya tahu itu Bupati Padang Lawas diberi tahu Saudara Rezky Herbiyono. Saya hanya diberi tahu Pak Nurhadi mau beli kebon di Padang Lawas," ucap Iwan.

Dalam sidang ini, Nurhadi yang duduk sebagai terdakwa membantah pernyataan Iwan. Nurhadi mengaku tidak pernah merayakan acara ulang tahun dan Iwan tidak pernah diundang dalam acara Nurhadi.

"Saya membantah keterangan Saudara soal ulang tahun, saya tidak pernah merayakan ulang tahun Yang Mulia. Saat itu acaranya bukan ulang tahun, tapi buka bersama, tarawih, dan ada tausiah. Semua yang datang di sana pakai baju koko Yang Mulia, Anda tidak diundang itu," kata Nurhadi.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2