detikcom Do Your Magic

Atasi Banjir Jl Martadinata Ancol, Dinas SDA Tahan Air Pakai Karung Pasir

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 17:16 WIB
Penanganan Banjir di Jalan R.E Martadinata, di Ancol Jakarta Utara
Foto: Penanganan banjir di Jalan Martadinata (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta bergerak mengatasi banjir di Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara. Mereka menutup lubang di Jembatan Lodan dengan karung agar air dari Kali Ancol tak masuk ke jalan.

"Tadi saya lihat ke lokasi. Mau kita turap batu kali tidak memungkinkan karena masih deras, dengan curah hujan yang masih berjalan," kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Kelurahan Pademangan, Jakarta Utara, Slamet Riyanto, saat dihubugi, Jumat (8/1/2021).

"Nggak mungkin dikerjakan pasang turap dengan batu kali. Tapi, antisipasi sudah menaruh karung pasir (menutup) yang bocor ke jalan. Sudah tutup dengan karung pasir," sambungnya.

Menurut Slamet, ketika air Kali Ancol sudah surut, tambal dengan karung pasir akan diganti dengan yang permanen. Sehingga, tambalan akan lebih kuat.

"Jadi pinggir gelagar jembatan, ada celah masuk air ke jalan. Itu sudah ditutup karung pasir, insyaallah aman sambil tunggu cuaca kering, air kali surut, kita kerjakan dengan turap batu kali, dicor, atau gimana," katanya.

Tim SDA menangani banjir di Jalan RE Martadinata pada pukul 08.00 WIB, dan baru selesai pada pukul 15.00 WIB. Dari laporan yang diterima detikcom, saat ini air sudah surut.

"Tadi ditutup karung terus (air yang di jalan) dipompa ke kali. Jadi sudah kering," katanya.

Penanganan Banjir di Jalan R.E Martadinata, di Ancol Jakarta UtaraPenanganan Banjir di Jalan R.E Martadinata, di Ancol Jakarta Utara Foto: Dok. Istimewa

Sementara itu, Slamet menyebut di lokasi tidak dimungkinkan ada pompa mobile. Hal itu karena tidak ada ada tempat untuk pembuangan.

"Untuk dipompa, karena pompa mobile kan harus ada kolam kolakan, penampungan. Ada penampungan air, baru pasang pompa mobile, kalau nggak ada tempat dalam yang air cukup, percuma pompa mobile," katanya.

Sebelumnya, Jalan RE Martadinata, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, terendam banjir. Penyebabnya, kali pemisah antara Jalan Lodan dan Jalan RE Martadinata meluap.

Sejumlah kendaraan menerobos genangan di Jalan Martadinata Ancol, Jakarta. Jalan ini tergenang akibat Kali Ancol meluap.

Lihat juga video 'Puluhan Rumah di Kudus Banjir Gegara Tanggul Sungai Gelis Jebol':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2