Direktur RSUD Pangkep Sulsel Positif COVID-19 Bersama 57 Anggotanya

M Bakrie - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 15:54 WIB
Poster
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Pangkep -

Direktur RSDU Batara Siang Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), dr Annas Ahmad terpapar virus Corona (COVID-19). Selain Annas, 57 orang petugas RSUD Pangkep lainnya juga positif COVID-19.

"Sesuai hasil lab BBVET, sebanyak 58 orang terkonfirmasi positif. Termasuk saya. Rinciannya itu, dokter ahli 3 orang, perawat 6 orang, apoteker 9 orang selebihnya staf manajemen," kata Annas saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (08/01/2021).

Swab massal di RSUD Pangkep sudah dilakukan sejak 4 Januari 2021 dan terakhir pada hari ini. Total petugas RSUD yang di-swab sebanyak 1.063 orang.

Meski 58 orang telah terpapar COVID-19, Annas mengaku tidak akan menghentikan pelayanan di RSUD. Hal ini karena sebahagian besar yang terkonfirmasi itu merupakan tenaga staf hingga tidak berpengaruh pada pelayanan.

"Insya Allah rumah sakit tidak akan ditutup, skema pelayanan jika terjadi hal terburuk sudah kita siapkan," lanjutnya.

Petugas RSUD yang terkonfirmasi positif itu kebanyakan dalam kategori tanpa gejala atau asimtomatik. Mereka pun telah melakukan isolasi mandiri. Sementara yang bergejala diminta untuk masuk RS untuk dilakukan penanganan medis.

"Kebanyakan yang positif ini dikategorikan OTG. Tapi ada juga yang punya gejala dan sudah kita minta untuk ke Rumah Sakit untuk dirawat," sebutnya.

Hingga saat ini, kasus COVID-19 di Pangkep terus mengalami peningkatan drastis. Dari data yang diperoleh dari Sulsel Tanggap COVID, total terkonfirmasi sebanyak 528, dirawat 100 orang, sembuh 418 orang dan meninggal 10 orang.

(nvl/nvl)