Saksi Sebut Eks Sekretaris MA Nurhadi-Menantu 'Urus Perkara' Hiendra Soenjoto

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 15:52 WIB
Eks Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono kembali jalani sidang virtual. Sidang itu digelar terkait kasus suap-gratifikasi yang menjerat keduanya
Eks sekretaris MA, Nurhadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi bernama Iwan Cendekia Liman mengungkapkan sosok mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya bernama Rezky Herbiyono kerap mengurus perkara. Bagaimana cara mertua dan menantu tersebut bekerja sama?

Awalnya, Iwan mengaku mengenal Rezky Herbiyono sebelum dia menikah dengan anak Nurhadi, Rizky Aulia Rachmi. Iwan tahu Rezky bekerja sebagai orang yang sering mengurus perkara.

"(Pekerjaan Rezky) mengurus perkara, jika kita ada suatu persoalan hukum, maka terdakwa dua (Rezky) dapat membantu kita menyelesaikannya. Sepanjang yang saya jalanin dengan terdakwa dua, sesuai dengan faktanya tidak ada (pekerjaan lain selain mengurus perkara)," kata Iwan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

Iwan juga bercerita pernah dikenalkan Rezky ke Hiendra Soenjoto. Saat itu, Hiendra dikenalkan sebagai seseorang yang perkaranya sedang diurus Nurhadi.

"Saya pertama kali dengan Hiendra Soenjoto diperkenalkan oleh Saudara Rezky Herbiono kurang lebih di tahun 2015, di kantor PT HEE di Office 8 Senopati. Pertama, menurut Rezky Saudara Hiendra Soenjoto dalam masalah lagi dizalimi dengan rekan bisnisnya, sehingga semua pinjaman PT MIT itu dibekukan," ungkap Iwan.

Menurut Iwan, saat itu Hiendra Soenjoto memiliki perkara dengan seseorang bernama Azhar Umar terkait pinjaman. Dari situlah Rezky menyebut perkara Hiendra sedang diurus oleh Nurhadi dan Rezky.

"Sehingga Rezky Herbiyono memperkenalkan (Hiendra Soenjoto) kepada saya, bahwa perkaranya lagi ditangani oleh Saudara Rezky Herbiyono dan Pak Nurhadi. Akan tetapi, Hiendra Soenjoto membutuhkan pendanaan untuk tetap memutar roda usaha," kata Iwan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2