Banyak Warga Tak Tahu Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat Hari Ini

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 12:47 WIB
Banyak Warga Tak Tahu Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat Hari Ini (Foto: Wilda/detikcom)
Foto: Banyak Warga Tak Tahu Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat Hari Ini (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal belum menggelar salat Jumat untuk umum karena angka virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta masih tinggi. Namun, masih banyak warga yang belum tahu terkait pengumuman itu.

Agus Hambali (40) salah satunya. Warga asal Pasuruan, Jawa Timur itu mengaku ingin sekali melihat Masjid Istiqlal dan beribadah salat Jumat di sana. Namun, dia tidak tahu Istiqlal masih ditutup untuk umum.

"Iya, saya dari Pasuruan sengaja mau salat Jumat di sini, tidak tahu kalau ditutup," kata Agus kepada wartawan di Gerbang Masuk 7 Assalam Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

Agus telah membawa sajadah untuk bersiap salat Jumat di Masjid Istiqlal. Namun niat salat di Masjid Istiqlal itu harus diurungkan. Ia pun kembali ke rumah saudaranya di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Iya ini sudah bawa sajadah kan lagi pandemi. Balik lagi dong, ke rumah saudara ini yang nganterin," kata Agus.

Budi (41) mengaku saudaranya itu sangat ingin sekali ke Masjid Istiqlal. Meski raut muka keduanya nampak kecewa, baik Budi maupun Agus menerima lapang dada dan kembali ke rumah untuk melaksanakan ibadah salat Jumat.

"Ini dia sengaja pengin lihat Istiqlal, kecewa ya tidak bisa masuk, aku yang nganter ini, pengin tahu Istiqlal jauh-jauh dari Pasuruan, ya pulang lagi kali ya," imbuhnya.

Selain Agus dan Budi, ada juga Yakub (32). Warga Bekasi itu juga sengaja datang jauh-jauh untuk salat Jumat di Istiqlal. Namun, dia tidak mengetahui jika Istiqlal masih ditutup untuk umum.

"Pengin salat Jumat di sini. Tidak tahu tutup, makanya ke sini, balik lagi deh mau bagaimana lagi," ucapnya.

Diketahui, Masjid Istiqlal telah rampung direnovasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Masjid Istiqlal belum menyelenggarakan gelaran salat Jumat hari ini.

"Belum ada (salat Jumat) mengingat penyebaran COVID di DKI masih tinggi pertimbangannya gitu," kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/).

Abu belum dapat memastikan kapan Masjid Istiqlal dioperasionalkan kembali untuk peribadatan. Dia berharap masjid terbesar di Indonesia ini dapat segera digunakan untuk umum dalam waktu dekat.

"Kita doakan semoga dalam waktu dekat bisa dibuka," tuturnya. (whn/mae)