Melihat Wajah Baru Masjid Istiqlal Usai Direnovasi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 11:45 WIB
Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.
Wajah baru Masjid Istiqlal (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal telah rampung direnovasi. Pada wajah barunya, Istiqlal tampak lebih cantik di setiap sisi, mulai dari bagian luar hingga di dalam masjid.

detikcom menelusuri Masjid Istiqlal usai direnovasi ini pada Jumat (8/1/2021). Mulai dari pintu masuk menuju halaman masjid, tampak terlihat pandangan yang berbeda dari sebelumnya.

Sementara sebelumnya halaman masjid hanya berupa aspal, kini berganti menjadi keramik. Sejumlah pohon pun tertata rapi di sekitar area halaman tersebut.

Masjid Istiqlal baruBagian halaman Masjid Istiqlal. (Wilda/detikcom)

Taman-taman di Istiqlal kini lebih rindang dengan pepohonan dan tanaman hijau lainnya. Selain itu, tempat duduk disediakan di beberapa titik.

Kemudian di tempat wudu pria dan wanita kini tampak ditata rapi dengan adanya aturan jarak. Serta hand sanitizer juga telah disediakan.

Saat memasuki tempat salat, pandangan kita akan disuguhi kilauan cahaya nan megah dari berbagai sisi. Sehingga ruangan ini tampak seolah bercahaya menghidupkan seisi ruangan.

Tiang-tiang berlapis besi ini dalam ruangan ini pun nampak memantulkan cahaya. Lampu di bagian kubah masjid yang sebelumnya berwarna keemasan, kini berubah menjadi warna biru.

Masjid Istiqlal baruRuangan salat Masjid Istiqlal yang tampak bercahaya. (Wilda/detikcom)

Mimbar untuk imam tampak sudah berdiri kokoh di depan. Tumpukan Alquran sudah tertata rapi. Namun karpet-karpet di dalam masjid masih belum digelar.

Masjid Istiqlal kini dipasangi lift menuju lantai 2 masjid. Kemudian, ada ruangan khusus tamu VIP, seperti Presiden dan pejabat negara, yang berkunjung ke masjid. Ruangan ini bernama Al-Malik. Di ruangan tampak diisi kursi putih beserta meja.

Simak video 'Walau Renovasi Rampung, Masjid Istiqlal Belum Beroperasi Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasan terkait wajah baru Masjid Istiqlal

Selanjutnya
Halaman
1 2