Sandiaga Kunjungi Labuan Bajo, Warga Curhat Sampah 30 Ton Per Hari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 11:14 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Labuan Bajo, NTT. (Tim Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam upaya membangkitkan dan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Warga curhat masalah sampah ke Sandiaga.

Sandiaga mendapat keluhan dari masyarakat saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (7/1/2020), seperti dalam keterangan tertulis yang dilihat Jumat (8/1/2020). Saat itu, Sandiaga baru meninjau progres pembangunan Creative Hub 'Puncak Waringin'.

"Sampah jadi salah satu masalah di sini, Pak," ujar salah seorang warga, Lydia.

Labuan Bajo menghasilkan sampah sebanyak 30 ton setiap hari. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelumnya telah membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu yang dapat mengelola sampah 10 ton per hari. Namun hal tersebut perlu ditingkatkan lagi.

Sandiaga mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintah daerah agar pengelolaan sampah di Labuan Bajo dapat tertangani dengan baik. Sebab, Labuan Bajo merupakan 1 dari 5 destinasi superprioritas.

Berdasarkan data Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) pada 2019, dari 14 pilar yang menjadi penilaian tingkat daya saing pariwisata Indonesia, ada tiga pilar yang posisinya di atas 100 dari 141 negara dan harus jadi perhatian. Yakni environmental sustainability, tourist service infrastructure, serta health and hygiene, di mana kebersihan ada di dalamnya.

"Masalah sampah ini, saya akan berkoordinasi dengan bupati, kapolres juga untuk sama-sama kita identifikasi masalah dan penanganannya," kata Sandiaga.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2