Analisis Pakar soal Persaingan Anies Vs Risma di Pusaran Isu Tunawisma

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 06:37 WIB
Risma Mensos
Mensos Risma saat blusukan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Aksi blusukan Tri Rismaharini atau Risma sejak dilantik menjadi Menteri Sosial menuai sorotan dari banyak pihak. Aksi yang dilakukan Risma di Jakarta itu dinilai sebagai bentuk kritik Risma terhadap Anies Baswedan selaku Gubernur DKI.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin menilai aksi blusukan Risma itu memang secara tidak langsung memercikkan persaingan politik mantan Wali Kota Surabaya itu dengan Anies Baswedan. Apalagi, kata Ujang, aksi blusukan itu terkesan tanpa koordinasi dengan Pemprov DKI.

"Karena masuk ranah persaingan politik antara Anies vs Risma. Risma juga sebagai Mensos dianggap tak koordinasi dengan pemprov dan pemkot. Dengan gubernur dan wali kota di DKI. Jadi main sendiri. Dan itu tentu menyinggung pemprov dan pemkot tempat dimana tunawisma berada," kata Ujang, kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Lebih lanjut, Ujang mengatakan Risma bakal didorong oleh PDIP untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta berikutnya. Sehingga, menurutnya, langkah yang dilakukan Risma saat ini guna menggaet popularitas.

"Prediksi saya, Risma akan didorong PDIP untuk maju Pilgub DKI. Masuknya Risma sebagai mensos juga merupakan langkah awal memperkuat popularitas di Jakarta. Lihat saja, bagaimana Risma langsung blusukan ke kawasan kumuh, seperti kolong jembatan dan pinggir kali," ujarnya.

Namun, bukan hanya sekadar popularitas, Ujang mengatakan ada tujuan lain dibalik blusukan Risma. Risma dinilai ingin memberikan kritik kepada Anies kalau masih banyak warga yang perlu perhatian.

"Tentu saja, dalam perspektif politik, tujuannya tidak sekadar itu, ada maksud dibalik itu, pertama dia tentu ingin memberikan kritik kepada Anies bahwa di Jakarta masih banyak warga yang perlu perhatian, sementara Anies hanya memposting kemajuan di Jakarta di media sosialnya, banyak mendapat penghargaan, dll," ucapnya.

Simak berita selengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3