Pemprov Pamer Naturalisasi Kanal Banjir Barat Segmen Shangri La-Karet

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 14:44 WIB
Pembangunan naturalisasi sungai Kanal Banjir Barat, Jakarta, Kamis (13/02/2020), kini mulai terlihat infrastrukturnya. Penasaran?
Foto: Pengerjaan proyek naturalisasi Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet (Rengga Sancaya)
Jakarta -

Naturalisasi Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet telah rampung. Pemprov DKI Jakarta memamerkan hasil naturalisasi Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet.

Hasil naturalisasi Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet dipamerkan Pemprov DKI melalui akun media sosialnya, seperti dilihat detikcom Kamis (7/1/2021). Di akun Twitter Pemprov DKI ada empat foto yang diunggah.

Salah satu foto memperlihatkan taman yang persis berada di samping Stasiun Kereta Api (KA) Bandara BNI City. Taman tersebut berbatasan langsung dengan sungai.

"Yuk, intip naturalisasi sungai di Kanal Banjir Barat segmen Shangrilla-Karet! Tepat di samping Stasiun Sudirman KA Bandara BNI City, telah dibangun taman dengan lebar 8 meter dari sungai," begitu cuitan akun Pemprov DKI.

Foto lainnya menampilkan kondisi sungai yang juga berada di samping Stasiun Kereta Api (KA) Bandara BNI City. Ada lahan yang berada di sungai yang dibiarkan ditumbuhi tanaman.

Sekadar informasi, Pemprov DKI sudah jauh-jauh hari merencanakan naturalisasi sungai. Ada tiga lokasi yang dinaturalisasi, salah satunya Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet.

Dua lokasi lainnya, yakni Kanal Banjir Barat segmen Sudirman-Manggarai, dan Kali Ciliwung Lama segmen Jalan Krapu. Pengerjaan proyek naturalisasi ini dilakukan dengan sistem tender.

Dilihat dari apbd.jakarta.go.id, anggaran untuk proyek naturalisasi pada 2020 sebesar Rp 287 miliar. Dana itu bukan hanya untuk kali, tapi juga naturalisasi waduk ataupun situ.

(zak/tor)