detikcom Do Your Magic

Pasukan Kuning Bina Marga DKI Sambangi JPO Matraman yang Rusak

Taufieq Renaldi Arfiansya - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 14:26 WIB
Pasukan kuning Dinas Bina Marga DKI Jakarta perbaiki JPO Matraman, Jakarta Timur.
Foto: Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom
Jakarta -

Pasukan kuning dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta datang memperbaiki jembatan penyeberangan orang (JPO) Matraman yang rusak karena berkarat. Mereka langsung bergerak berbagi tugas membenahi JPO.

Pantauan detikcom di lokasi JPO Matraman, Jl Matraman Raya, Jakarta Timur, Kamis (7/1/2021), sekitar pukul 13.30 WIB, ada tujuh petugas dengan seragam kuning di area JPO Matraman. Mereka datang dengan dua mobil operasional.

Tiga petugas memperbaiki tangga. Mereka memperbaiki pegangan tangga hingga mengecat ulang JPO.

Sementara itu, empat petugas memperbaiki bagian lantai JPO. Mereka mengelas dan mengganti beberapa besi JPO yang sudah rusak.

Selama pengerjaan lalu lintas, lokasi tidak ditutup. Lalu lintas kendaraan di Jalan Matraman masih terpantau ramai lancar.

Diberitakan sebelumnya, JPO dipakai oleh banyak warga Ibu Kota. Namun kondisi JPO Matraman ini membutuhkan perhatian segera supaya tidak membahayakan penggunanya.

JPO yang butuh perbaikan ada di depan Gramedia, Jl Matraman Raya, Jakarta Timur. Kondisi tidak ideal ditemui detikcom di JPO yang tersambung ke Halte Bus TransJakarta Tegalan ini, Rabu (5/1) pukul 10.30 WIB.

Pasukan kuning Dinas Bina Marga DKI Jakarta perbaiki JPO Matraman, Jakarta Timur.Pasukan kuning Dinas Bina Marga DKI Jakarta memperbaiki JPO Matraman, Jakarta Timur. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)

Terlihat, sudut-sudut besi konstruksi JPO ini sudah berkarat, bahkan ada besi yang sudah keropos, putus, atau bolong. Warga khawatir JPO ini roboh dan membahayakan nyawa orang banyak.

"Harus direnovasi. Takutnya roboh. Kan ini kena hujan, ini besi takutnya dia berkarat," kata warga bernama Niku (36), yang biasa melintasi JPO kala hendak bekerja, Rabu (5/1).

Kepala Dinas Bina Maga DKI Jakarta Hari Nugroho sebelumnya berjanji akan menindaklanjuti temuan JPO di Jalan Matraman.

"Segera di TL (tindak lanjut). Ya, dari satgas Dinas Bidang PSUK (Prasarana Dan Sarana Utilitas Kota) sudah meluncur ke lapangan," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dihubungi, tadi.

Lihat juga video 'JPO Kampung Melayu Rusak Akibat Ekskavator Terguling!':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)