Tim Polda Metro Cecar Saksi HRS soal 'Polisi Amankan Acara Maulid'

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 13:27 WIB
Sidang praperadilan Habib Rizieq (Ibnu Hariyanto/detikcom).
Foto: Sidang praperadilan Habib Rizieq (Ibnu Hariyanto/detikcom).
Jakarta -

Saksi yang dihadirkan tim Habib Rizieq Shihab mengaku aparat kepolisian hingga TNI ikut mengamankan acara Maulid Nabi di Petamburan. Tim kuasa hukum Polda Metro Jaya pun mempertanyakan keterangan saksi soal aparat kepolisian hingga TNI ikut mengamankan acara tersebut.

Saksi yang dihadirkan pihak Habib Rizieq itu bernama Ahmad Khadir Alaydrus. Ahmad Khadir Alaydrus merupakan tetangga Habib Rizieq di Petamburan.

Awalnya, Ahmad Khadir mengaku melihat sejumlah polisi hingga TNI di acara tersebut. Menurutnya, aparat keamanan yang hadir kurang lebih 200-an orang.

"Iya, ada polisi, Dishub, TNI, Satpol PP," kata Ahmad Khadir saat menjadi saksi di sidang praperadilan Habib Rizieq di PN Jaksel, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2021).

"Itu berapa banyak polisi yang hadir?" tanya kuasa hukum Habib Rizieq, Alamsyah.

"Kalau gabungan 200-an ada, mungkin lebih, kan di situ ada markas Brimob juga," ujar Ahmad Khadir.

Ahmad Khadir mengatakan aparat keamanan hadir di acara tersebut untuk melakukan pengamanan. Sebab, ia mengatakan aparat keamanan itu ikut mengatur lalu lintas, mengingatkan menjaga jarak bukan membubarkan.

"Nggak (membubarkan) mereka menjaga acara, bukan membubarkan, mengatur lalu lintas juga. Nggak ada (membubarkan) semuanya mengamankan, Satpol PP pakai toa mengingatkan jaga jarak. Yang saya dengar selalu jaga jarak, pakai masker," sebutnya.

Mendengar keterangan itu, tim kuasa hukum Polda Metro Jaya mencecar Ahmad Khadir soal keterangan polisi mengamankan acara Maulid Nabi di Petamburan. Tim hukum Polda Metro menanyakan bagaimana Ahmad tahu jika polisi itu ikut mengamankan acara.

"Dari mana saksi tahu itu mengamankan? Apakah saksi melihat surat tugas pengamanan, apa hanya penglihatan saksi saja?" tanya tim hukum Polda Metro.

"Kalau untuk surat tugas tidak mungkin saya tanya, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri jelas memakai atribut polisi, Satpol PP, sebagaian ada yang bawa tulisan," ujarnya.

"Hanya pandangan saja sehingga mengatakan pengamanan? Itu yang kami tanyakan kok saksi mengetahui mengamankan?" cecar tim hukum Polda Metro.

"Kan saya melihat," jawab Ahmad Khadir.