Soal Pembatasan Baru, Legislator PAN: Tanpa Sanksi Jelas, Sulit Diterapkan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 07:22 WIB
Ketua DPP PAN, Saleh Daulay
Foto: Saleh Daulay (dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan keputusan pemerintah menerapkan pembatasan baru di sejumlah wilayah di Indonesia sudah tepat. Meski begitu, Saleh mengingatkan agar pembatasan ini diikuti dengan sanksi yang jelas.

"Ini kan penerapan aturan yang baru ini sebetulnya menurut saya sudah tepat dilakukan tetapi menurut saya harus lebih dicermati lagi, dicermati terkait dengan aspek-aspek yang lebih penting di dalam memutus mata rantai penyebaran ini," kata Saleh saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Saleh mengatakan penerapan WFH 75%, sekolah secara daring, hingga kapasitas tempat ibadah 50% tidak cukup. Dia menyarankan agar Pemerintah juga melaksanakan mini lockdown.

"Saya usulkan sebetulnya lebih baik bagaimana caranya agar ada lockdown mini, yang dimaksud lockdown mini ini seperti di Turki, yaitu orang hanya boleh aktifitas dari pagi jam 5 pagi sampai 7 malam setiap hari, tetapi pada hari Jumat lockdown itu mulai dari jam 7 malam sampai Sabtu Minggu, kemudian Senin pagi jam 5 (dibuka kembali), jadi hari Sabtu Minggu ditutup sama sekali orang nggak boleh keluar. Sabtu minggu orang diminta menetap di rumah kecuali kerjakan tugas-tugas yang berkenaan dengan kebutuhan pkok mereka," paparnya.

"Itu akan lebih berdampak luas di samping yang disebutkan pemerintah itu tapi kalau ditambah ini akan berdampak lebih besar," lanjut Saleh.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2