Dirjen Kemensos Diminta Ikuti Instruksi Risma, PKB: Tak Sejalan, Ganti!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 17:28 WIB
Marwan Dasopang (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Marwan Dasopang (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) didemo oleh sejumlah peserta aksi yang mendukung kebijakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma. PKB sepakat dengan hal itu.

"Saya nggak tahu kenapa sampai begitu, ya mestinya kebijakan menterinya, sepanjang itu tupoksinya (tugas, pokok, dan fungsi), harus didukung," kata Ketua DPP PKB Marwan Dasopang kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Menurut Marwan, menyelesaikan problem di tubuh Kemensos tak perlu ada tekanan dari luar. Menurutnya, Risma bisa langsung mengganti bawahannya yang tak sejalan dengannya.

"Kan nggak perlu harus demo-demo. Kalau menterinya merasa (mereka) nggak bisa sejalan, ganti saja," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini.

"Siapa saja yang menghalangi agenda dia (Mensos Risma)," tambah Marwan.

Apalagi, menurutnya, jika langkah yang diambil Risma bertujuan mengatasi masalah kemiskinan. Marwan mengatakan kebijakan baik harus didukung oleh semua jajaran di Kemensos.

"Kita itu kan ingin melayani rakyat, percepatan urusan-urusan sosial kita, jadi kebijakannya itu kan dalam sektor urusan sosial, kemiskinan. Sektor-sektor kemiskinan di dalam masyarakat inilah yang perlu ditangani. Kalau ada langkah-langkah percepatan, ya harus didukung. Bila tidak mendukung, apalagi aparaturnya sendiri, ya ganti," imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa yang tergabung ke dalam Komite Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) melakukan aksi di depan Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. Massa aksi meminta para dirjen di Kemensos mendukung setiap kebijakan Mensos Risma.

Pantauan detikcom, Rabu (6/1), terlihat sekitar 50 peserta aksi berkumpul di depan kantor Kemensos. Mereka membawa dua spanduk bertulisan 'Meminta jajaran Dirjen Kemensos untuk Mensupport Setiap Kebijakan dan Agenda Kemensos di Bawah Kepemimpinan Ibu Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T.'.

Albar selaku koordinator kapangan Kamerad menjelaskan mereka ingin mendukung kebijakan Risma sebagai Mensos. Pasalnya, menutur dia, ada dirjen Kemensos yang tidak sepakat dengan langkah-langkah Risma.

"Ada beberapa dirjen tidak sepakat dengan langkah-langkah Ibu Risma. Saya tidak bisa menyebutkan siapa, tapi insyaallah itu akan terbukti dengan sendirinya. Maka saya minta jajaran Kemensos itu harus mengikuti instruksi Bu Risma dan mendukung kegiatan Bu Risma," ujar Albar di lokasi.

(rfs/eva)