Tak Terkait Roket China, Life Jacket yang Ditemukan Berasal dari Kapal Panama

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 09:14 WIB
Tim gabungan mengecek puing logam diduga badan pesawat yang ditemukan di Kotawaringin Barat, Kalteng. Pada benda itu ditemukan logo bintang dan tulisan CNSA. (dok Polda Kalteng)
Foto: Life jacket dari kapal MV YUAN WANG HAI yang ditemukan di Kalteng (dok. Polda Kalteng).
Jakarta -

Polisi memastikan life jacket yang ditemukan di Teluk Ranggau, Sei Cabang, Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, bukan bagian dari roket milik China National Space Administration (CNSA). Life jacket yang ditemukan tak jauh dari puing roket CNSA itu berasal dari kapal MV YUAN WANG HAI berbendera Panama.

"Diperkirakan life jacket milik kapal MV YUAN WANG HAI-PANAMA tersebut jatuh di laut atau dibuang oleh penumpang sehingga terbawa arus ombak dan terdampar di pesisir pantai Teluk Ranggau," kata AKBP Devy kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Dilihat dari situs www.fleetmon.com, YUAN WANG HAI adalah kapal dengan tipe bulk carrier berbendera Panama. Kapal itu dibuat tahun 2011.

Menurut Devy, kapal itu berlayar dari Australia ke Vietnam melalui Laut Jawa. Kapal tersebut diperkirakan mencapai Vietnam pada 16 Januari mendatang.

Sebelumnya, puing yang sempat membuat geger warga sekitar itu ditemukan pada Senin (4/1) sore. Polisi mendapat informasi penemuan puing badan pesawat itu dari seorang warga bernama M Yusuf.

Selanjutnya
Halaman
1 2