Pengertian Ide Pokok Paragraf, Cara Menentukan dan Contohnya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 12:59 WIB
Ilustrasi
Foto: (Istimewa)/Pengertian Ide Pokok Paragraf, Cara Menentukan dan Contohnya
Jakarta -

Dalam sebuah paragraf, kehadiran ide pokok sangat lah penting guna memberikan informasi kepada pembaca. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud ide pokok paragraf dan seperti apa contohnya?

Paragraf adalah bagian dari wacana atau karangan yang mengandung ide pokok. Biasanya, paragraf terdiri dari kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas yang saling berhubungan mendukung ide pokok.

Ide Pokok Paragraf:

  • Pengertian Ide Pokok

Ide pokok paragraf adalah inti atau pokok permasalahan yang terdapat pada sebuah paragraf. Ide pokok juga dikenal dengan nama gagasan utama dan menjadi dasar pengembangan suatu paragraf.

Biasanya, ide pokok atau gagasan utama berada pada kalimat utama suatu paragraf. Adapun, kalimat utama suatu paragraf biasanya dapat ditemukan di bagian awal (paragraf deduktif) atau di bagian akhir (paragraf induktif).

  • Cara Menentukan Ide Pokok

Untuk menentukan ide pokok paragraf dalam suatu bacaan, seseorang harus melihat ke dalam tiga hal, (1) menemukan ide pokok dari tiap paragraf, (2) menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami, dan (3) membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat secara runtut.

  • Contoh Ide Paragraf

Dikutip dari buku 'KISI-KISI TERBARU UN+USBN SMP/MTS 2018' karya Tim Edu Penguin contoh ide paragraf sebagai berikut

(1) Hutan tropis yang kaya dengan keragaman menjadi sumber penghidupan di Indonesia. (2) Puluhan juta masyarakat Indonesia mengandalkan hidup dan mata pencahariannya dari hutan. (3) Mereka mengumpulkan berbagai jenis hasil hutan. (4) Mereka juga bekerja di sektor industri pengolahan kayu dari hasil hutan.

Indonesia menjadi pusat perhatian dunia karena melakukan perusakan sumber daya alam yang semena-mena di negeri ini. "Keajaiban ekonomi" Indonesia pada 1980-an dan 1980 ternyata sebagian terjadi dengan menghancurkan lingkungan dan pelanggaran hak dan tradisi masyarakat Lolak. Pembalakan ilegal sudah berlangsung secara terang-terangan dalam volume yang sangat besar selama bertahun-tahun dan diyakini telah merusak hutan seluas 10 juta hektar.

Adapun, ide pokok paragraf tersebut adalah 'Sekarang Indonesia menjadi pusat perhatian dunia'. Sebab, ide pokok biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf. ide pokok terdapat pada kalimat topik atau kalimat utama. Sehingga ide pokok paragraf kedua adalah 'Sekarang Indonesia menjadi pusat perhatian dunia."

(pay/erd)