Waka DPR soal Bansos: Jangan Sampai Ada Potongan di Tengah Jalan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 19:15 WIB
Azis Syamsuddin (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Foto: Azis Syamsuddin (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyaluran bantuan sosial (bansos). Ia menekankan perlunya pengawasan ketat dan transparansi terhadap penyaluran berbagai bansos di masa pandemi COVID-19.

"Saya sepenuhnya mendukung pernyataan Bapak Presiden untuk mengawal ketat penyaluran bansos. Pengawasan yang intensif menjadi kunci penyaluran bansos yang cepat dan tepat sasaran. Mekanismenya wajib dilakukan secara transparan dan dijaga akuntabilitasnya," kata Azis kepada wartawan, Senin (4/1/2021).

Waketum Golkar itu mengingatkan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), dan stakeholder terkait. Ia meminta semua pihak memastikan tidak ada potongan bansos di tengah jalan.

"Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, stakeholder terkait harus berkoordinasi dengan baik, memastikan agar tidak ada potongan-potongan di tengah jalan. Data warga yang berhak harus divalidasi hingga ke tingkat terendah RT/RW. Dengan demikian ada kejelasan alur pendataan yang akurat terhadap warga yang menerima bantuan sosial," tegas Azis.

Azis juga mengatakan bansos harus dapat disalurkan secara cepat dan tepat sasaran. Ia berharap kehadiran bansos dapat meningkatkan kemampuan ekonomi hingga daya beli di tengah masa pandemi COVID-19.

"Penyaluran bansos diharapkan dapat disalurkan secara cepat, tepat sasaran, dan juga efisien, sehingga dapat mengangkat kemampuan ekonomi, daya beli, dan konsumsi rumah tangga masyarakat di tengah resesi yang sedang dialami Indonesia," ungkap Azis.

Simak video 'Hati-hati! Duit Bansos Jangan Buat Beli Rokok, Risma Bakal Pantau':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelesan selengkapnya di halaman selanjutnya.